Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Tenggorokan Terasa Tidak Nyaman saat Berpuasa

Kompas.tv - 13 Maret 2024, 05:00 WIB
6-cara-ampuh-mengatasi-sakit-tenggorokan-terasa-tidak-nyaman-saat-berpuasa
Ilustrasi. Cara mengatasi sakit tenggorokan saat berpuasa (Sumber: Jcomp on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Berpuasa adalah salah satu bentuk ibadah di bulan Ramadan yang dilakukan oleh seluruh umat Muslim dengan menahan makan dan minum. 

Ketika menjalani puasa, kemungkinan kita dapat mengalami sensasi tenggorokan yang kering dan terasa tidak nyaman karena kurangnya cairan dalam tubuh.

Selain itu, iritasi tenggorokan akibat alergi atau infeksi pada saluran pernapasan atas dapat menyebabkan peningkatan produksi lendir atau gejala batuk, sehingga sangat disarankan untuk menghindari pemicu alergi guna mencegah reaksi tersebut.

Beruntungnya, terdapat beberapa cara untuk mengatasi sakit tenggorokan saat berpuasa, seperti yang dilansir dari NHS UK berikut ini.

1. Berkumur dengan Air Garam

Untuk mengatasi rasa sakit tenggorokan selama berpuasa, disarankan untuk berkumur dengan air garam. Cara ini dapat dilakukan baik ketika berbuka puasa maupun saat sahur.

Air garam dikenal memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif dalam meredakan rasa sakit pada tenggorokan.

Caranya sangat mudah, cukup campurkan garam secukupnya ke dalam air hangat. Untuk manfaat yang lebih optimal, tambahkan sedikit madu ke dalam campuran tersebut.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buah yang Baik dan Aman Dikonsumsi untuk Berbuka Puasa

2. Mengonsumsi Buah dan Suplemen

Salah satu cara untuk mengatasi sakit tenggorokan di bulan puasa  adalah dengan mengonsumsi buah dan suplemen yang kaya vitamin.

Vitamin C yang diperoleh dari buah dan suplemen tertentu dapat membantu membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan. Selain meredakan sakit tenggorokan, vitamin C juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah yang kaya akan vitamin C di antaranya jeruk, jambu biji merah, kiwi, stroberi, anggur, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan vitamin C selama berpuasa.

3. Minum Air Putih



Sumber : NHS UK


BERITA LAINNYA



Close Ads x