Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Rekomendasi Buah yang Baik dan Aman Dikonsumsi untuk Berbuka Puasa

Kompas.tv - 9 Maret 2024, 06:05 WIB
5-rekomendasi-buah-yang-baik-dan-aman-dikonsumsi-untuk-berbuka-puasa
Ilustrasi. Rekomendasi buah yang baik dan aman dikonsumsi saat berbuka puasa (Sumber: lifeforstock on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perubahan tubuh selama berpuasa, termasuk penurunan produksi enzim dalam sistem pencernaan, menunjukkan pentingnya memilih makanan yang mendukung kesehatan pencernaan saat berbuka.

Salah satu opsi yang sangat dianjurkan adalah mengonsumsi buah-buahan. Buah-buahan memiliki manfaat untuk membantu menggantikan cairan, energi, dan elektrolit yang hilang selama berpuasa.

Kandungan air, glukosa, vitamin, dan mineral dalam buah-buahan membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk mendukung keseimbangan nutrisi dan pemulihan tubuh setelah seharian berpuasa.

Dari berbagai macam jenis buah, terdapat 5 jenis buah yang baik dan aman dikonsumsi saat berbuka puasa, seperti yang dikutip dari Mayo Clinic berikut ini:

1. Kurma

Kurma dianggap sebagai pilihan yang sangat baik untuk berbuka puasa karena kandungan nutrisinya yang melimpah.

Kurma merupakan buah yang identik dengan bulan puasa dan tidak hanya lezat, tetapi juga mengandung sejumlah besar serat, protein, dan mineral.

Selain itu, kurma juga memiliki kandungan kalori yang tinggi, yang dapat membantu mengembalikan energi tubuh setelah seharian berpuasa.

Baca Juga: 8 Makanan Ini Bisa Membuat Anda Kenyang Lebih Lama, Cocok untuk Sahur dan Berbuka Puasa

2. Mentimun

Buah selanjutnya yang cocok dikonsumsi saat berbuka puasa adalah mentimun. Mentimun merupakan buah yang kaya nutrisi, sehingga menjadi pilihan yang baik selama puasa.

Selain itu, mentimun juga memiliki kadar air yang melimpah dan mengandung serat, sehingga dapat memberikan dukungan untuk pencernaan yang lancar.

3. Timun Suri

Timun suri memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti beta-karoten, vitamin C, triterpena, lignan, dan flavonoid. Nutrisi ini penting untuk tubuh, seperti betakaroten yang mendukung kesehatan mata, dan vitamin C yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Selain itu, berkat teksturnya yang lembut dan kandungan serat yang melimpah, timun suri efektif dalam memperlancar sistem pencernaan, sehingga nyaman dikonsumsi saat berbuka puasa.

Baca Juga: Sering Disajikan untuk Berbuka Puasa, Ternyata ini 5 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan Tubuh

4. Apel

Mengonsumsi apel saat berbuka puasa dapat mendukung sistem pencernaan dengan mempersiapkan tubuh untuk menerima makanan yang lebih kompleks.

Apel kaya akan serat dan nutrisi, yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan selama masa puasa.

5. Semangka

Semangka merupakan buah yang umum dan populer di Indonesia. Buah ini memiliki beragam nutrisi, tetapi yang paling mencolok adalah kandungan airnya yang tinggi.

Baca Juga: Jangan Khawatir, ini 7 Tips Aman Berpuasa untuk Penderita Asam Lambung

Menurut penelitian, semangka mengandung sekitar 92% air, yang menjadikannya sebagai buah yang sangat menyegarkan.


 



Sumber : Mayo Clinic


BERITA LAINNYA



Close Ads x