Kompas TV lifestyle kesehatan

Sering Disajikan untuk Berbuka Puasa, Ternyata ini 5 Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan Tubuh

Kompas.tv - 6 Maret 2024, 13:15 WIB
sering-disajikan-untuk-berbuka-puasa-ternyata-ini-5-manfaat-timun-suri-untuk-kesehatan-tubuh
Ilustrasi. Timun Suri yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh (Sumber: SHUTTERSTOCK/SLOWMOTIONGLI via Kompas.com)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Timun suri adalah buah yang sering digunakan sebagai bahan dalam es campur, sop buah, atau minuman sebagai takjil saat berbuka puasa.

Selain memiliki cita rasa yang enak dan menyegarkan, timun suri ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, termasuk dalam meningkatkan pencernaan, dan mencegah risiko kanker.

Per 100 gram buah Timun suri, mengandung zat gizi yang mencakupi; 96,32 gram Air, 1,26 gram Protein, 0,04 gram Lemak, 2,09 gram Karbohidrat, 768 miligram Kalsium, 0,20 mg Zat Besi, 0,89 mg Serat, 24,86 mg Vitamin C, 1008 mg Kalium, dan 422 mg Fosfor.

Melansir dari Med Mash, berikut ini adalah 5 manfaat timun suri untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui.

1. Kaya Antioksidan

Timun suri memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti beta-karoten, vitamin C, triterpen, lignan, dan flavonoid.

Nutrisi ini esensial untuk tubuh, seperti betakaroten yang mendukung kesehatan mata, dan vitamin C yang memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Dewa: Menurunkan Demam Hingga Melawan Kanker, Begini Cara Mengolahnya

2. Melancarkan Pencernaan

Berkat teksturnya yang lembut dan kandungan serat yang melimpah, timun suri efektif dalam memperlancar sistem pencernaan.

Serat tersebut tidak hanya mendukung proses pencernaan, tetapi juga memiliki peran dalam melawan penyakit lambung dan usus.

3. Mencegah Anemia

Timun suri dapat membantu mencegah anemia atau kekurangan darah karena mengandung zat besi yang esensial bagi tubuh. Anemia, yang dapat menyebabkan kelelahan, terjadi akibat kekurangan sel darah merah.

Baca Juga: 7 Manfaat Cokelat untuk Kesehatan Tubuh: Bisa Tingkatkan Mood hingga Turunkan Kolesterol

Zat besi dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin yang membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, sehingga mengonsumsi timun suri dapat menjadi langkah pencegahan anemia.

4. Kesehatan Tulang

Selain manfaat untuk pencernaan dan pencegahan anemia, timun suri juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. Kandungan vitamin K dalam timun suri membantu penyerapan nutrisi dan mendukung kesehatan tulang.

Baca Juga: Jarang Diketahui! Ini 6 Manfaat Daun Murbei untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Gula Darah

5. Mencegah Kanker

Timun suri diyakini memiliki potensi mencegah kanker karena mengandung senyawa antikanker.

Studi menunjukkan bahwa saponin dalam timun suri dapat memblokir dan mencegah pertumbuhan sel kanker, serta membantu mengatasi kerusakan metabolisme tubuh.


 

Selain menjadi hidangan lezat berbuka puasa, timun suri memiliki manfaat yang penting bagi tumbuh, sehingga disarankan untuk mengonsumsinya saat berbuka puasa.



Sumber : Med Mash


BERITA LAINNYA



Close Ads x