Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Manfaat Daun Dewa: Menurunkan Demam Hingga Melawan Kanker, Begini Cara Mengolahnya

Kompas.tv - 10 Januari 2024, 03:00 WIB
5-manfaat-daun-dewa-menurunkan-demam-hingga-melawan-kanker-begini-cara-mengolahnya
Ilustrasi Daun Dewa yang memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh (Sumber: BolaStylo.com)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Tanaman Gynura segetum, atau yang lebih dikenal sebagai daun Dewa, merupakan tumbuhan obat yang tumbuh subur di berbagai wilayah Indonesia. Tanaman ini memiliki beberapa manfaat positif untuk kesehatan.

Setiawan Dalimartha menyebutkan dalam bukunya yang berjudul "Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 1" (1999) bahwa tanaman yang dikenal dengan nama beluntas cina di Sumatera dapat mencapai tinggi 30-50 cm.

Daun dewa memiliki ciri-ciri daun tunggal, bertangkai, dan ditutupi rambut lebat. Struktur daun dewa ditandai oleh susunan menyirip dengan tepi yang bergerigi, dengan permukaan atasnya berwarna hijau tua, sedangkan permukaan bawahnya berwarna hijau muda.

Manfaat Daun Dewa untuk Kesehatan

Sebagai tanaman obat, daun dewa memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat ini berasal dari berbagai kandungan kimia dalam daun dewa, seperti alkaloid, saponin, flavonoid, minyak atsiri, dan tanin.

1. Meredakan Demam

Berdasarkan informasi dari Setiawan Dalimartha, daun dewa terbukti memiliki efek antipiretik, yang mampu meredakan atau mengurangi demam.

Informasi tersebut juga didukung dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Jurusan Farmasi FMIPA Universitas Hasanuddin pada tahun 1993 terhadap marmut.

Dalam penelitian tersebut, marmut dibuat demam dan diberikan infus daun dewa dengan dosis 8 ml per kg berat badan, dengan konsentrasi 5 persen, 10 persen, dan 15 persen per oral.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa daun dewa memberikan pengaruh antipiretik pada marmut yang mengalami demam, sebanding dengan efek parasetamol.

Baca Juga: Jarang Diketahui! Ini 6 Manfaat Daun Murbei untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Gula Darah

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Tingginya kadar glukosa atau gula dalam darah dapat membawa risiko terkena penyakit diabetes. Salah satu cara untuk mencegah kadar gula darah melebihi batas normal adalah dengan mengonsumsi daun dewa.

Penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Farmasi Untag mengungkapkan bahwa daun dewa dapat menurunkan kadar glukosa darah sebesar 71,06 persen. Penelitian ini dilakukan pada kelinci dengan memberikan infus daun dewa 10 persen, dengan dosis 1 gram per kg berat badan.

Tidak hanya itu, penelitian lain dari Farmasi UI pada tahun 1991 juga menunjukkan hasil serupa. Pemberian sari air daun dewa pada hewan uji mengakibatkan penurunan kadar gula darah dalam waktu satu jam setelah konsumsi.

Oleh karena itu, daun dewa dapat menjadi pilihan yang efektif dalam mengatasi masalah kadar gula darah yang tinggi.

3. Mengatasi Peradangan

Manfaat daun dewa yang berikutnya adalah kemampuannya dalam melawan peradangan dalam tubuh. Efek antiinflamasi dari daun dewa berasal dari kandungan alkaloid, saponin, flavonoid, minyak atsiri, dan tanin.



Sumber : Berbagai Sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x