Kompas TV regional jawa timur

Harga Bawang Bombai di Pasaran Melonjak Drastis

Kompas.tv - 6 Mei 2024, 19:52 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Bawang bombai yang biasanya Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu per kilogram kini melonjak menjadi Rp 65 ribu per kilogram.

Melonjaknya harga bawang bombai ini menurut pedagang di Pasar Besar Malang terjadi sejak sepekan terakhir. Kenaikan secara bertahap hingga saat ini menyentuh angka Rp 65 ribu per kilogram. Menurut pedagang, normalnya harga bawang bombai berkisar antara Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu per kilogram.

Sugiyanto, salah satu pedagang menyebut, kenaikan harga bawang bombai yang terjadi saat ini cukup berpengaruh ada penjualan. Beberapa konsumen lebih mengurangi pembelian hingga mengganti bawang bombai dengan bawang prei. Sugiyanto menduga melonjaknya harga bawang bombai ini terjadi diduga karena kondisi cuaca saat ini yang saat ini yang tidak menentu. Bawang bombai yang didapat petani kebanyakan impor dari luar negeri.

"Naiknya bertahap tiga kali, bawang bombai kan nggak tahan, kalo kena air gampang busuk," Kata Sugiyanto, Senin (06/05/2024).

Pedagang menambahkan, harga bawang bombai bisa saja terus naik. Seperti beberapa tahun lalu bawang bombai bisa tembus hingga Rp 100 ribu per kilogram.

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x