Kompas TV lifestyle kesehatan

Kenali 8 Manfaat Teh Putih, Bikin Awet Muda hingga Turunkan Berat Badan

Kompas.tv - 24 Januari 2024, 19:00 WIB
kenali-8-manfaat-teh-putih-bikin-awet-muda-hingga-turunkan-berat-badan
Teh putih adalah teh yang berasal dari tanaman Camellia sinensis. Teh jenis ini dibuat dari kuncup dan daun teh muda yang dipanen sebelum daun dan kuncupnya terbuka sepenuhnya. (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Teh putih adalah teh yang berasal dari tanaman Camellia sinensis. Teh jenis ini dibuat dari kuncup dan daun teh muda yang dipanen sebelum daun dan kuncupnya terbuka sepenuhnya. 

Daun teh putih dikukus dan dikeringkan tanpa melalui proses fermentasi. Proses yang singkat membuat teh putih memiliki rasa dan aroma yang unik. Rasanya lebih lembut dibandingkan dengan teh hitam dan teh hijau.

Teh putih mengandung kafein dan katekin yang dapat membantu membakar lemak tubuh. Teh putih juga dapat membantu meningkatkan metabolisme 4 hingga 5 persen.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Teh Herbal yang Efektif untuk Meredakan Asam Lambung, Ada Favoritmu?

8 Manfaat Teh Putih untuk Kesehatan

Dikutip dari laman Healthline, berikut manfaat teh putih untuk kesehatan.

1.  Melawan radikal bebas

Teh putih kaya akan polifenol yang disebut dengan katekin. Polifenol adalah molekul nabati yang berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh. 

Antioksidan membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas merupakan senyawa berbahaya karena bisa menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh. 

Peradangan kronis, kanker, hingga penuaan dini merupakan efek buruk dari radikal bebas di dalam tubuh.

2. Melindungi otak

Teh putih mengandung senyawa polifenol epigallocatechin gallate (EGCG) yang dapat menurunkan risiko berkembangnya penyakit parkinson dan alzheimer.

Polifinol EGCG bisa menekan radikal bebas dan mengurangi peradangan, faktor yang bisa meningkatkan munculnya parkinson dan alzheimer. Polifenol EGCG juga dapat mencegah protein di otak menggumpal. 

Penggumpalan protein bisa meningkatkan peradangan dan merusak saraf di otak. Akibatnya, kerusakan otak ini dapat mengakibatkan parkinson dan alzheimer.

3. Menurunkan risiko osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi saat tulang berlubang dan keropos. Salah satu hal yang menyebabkan kondisi ini adalah peradangan kronis akibat radikal bebas di dalam tubuh.

Jika dibiarkan, hal ini bisa menekan sel yang membantu pertumbuhan tulang dan mendorong produksi sel yang memecah tulang. Akibatnya, pengeroposan tulang tak bisa dihindari.

Penelitian membuktikan, katekin termasuk senyawa yang bisa melawan pengeroposan tulang dan merangsang pertumbuhan tulang. Bahkan, kandungan katekin dalam teh putih lebih tinggi dibandingkan dengan jenis teh lainnya.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Salah satu penyebab penyakit jantung adalah akibat peradangan kronis di dalam tubuh. Hal ini umumnya disebabkan berbagai hal dari mulai pola makan, kebiasaan olahraga, dan gaya hidup.

Teh putih mengandung polifenol yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Enviromental Health and Preventive Medicine menunjukkan, polifenol dapat mencegah kolesterol jahat (LDL) teroksidasi yang meningkatkan risiko penyakit jantung.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x