Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Rekomendasi Teh Herbal yang Efektif untuk Meredakan Asam Lambung, Ada Favoritmu?

Kompas.tv - 18 Januari 2024, 14:17 WIB
5-rekomendasi-teh-herbal-yang-efektif-untuk-meredakan-asam-lambung-ada-favoritmu
Ilustrasi. Asam lambung timbul akibat kebiasaan makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Ini 5 teh herbal yang efektif untuk meredakan asam lambung yang tinggi.  (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Asam lambung merupakan kondisi yang timbul akibat kebiasaan makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Beberapa gejala asam lambung yaitu mual, mulas, sensasi terbakar di dada, dan batuk.

Asam lambung yang tinggi dapat dipicu berbagai faktor, termasuk kelebihan berat badan, stres, konsumsi makanan tinggi lemak dan pedas, merokok, minum alkohol, serta efek samping obat-obatan.

Ada berbagai cara untuk meredakan asam lambung, salah satunya dengan meminum teh herbal. Teh herbal yang terbuat dari bahan alami, telah dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Dikutip dari Kontan.co.id, berikut 5 rekomendasi teh herbal untuk meredakan asam lambung tinggi.

5 Teh Herbal untuk Meredakan Asam Lambung

1. Teh serai

Serai atau sereh mengandung antioksidan yang dapat membantu meredakan gejala asam lambung. Tidak hanya itu, serai juga mengandung vitamin C, A, zat besi, magnesium, selenium, dan seng yang baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. 

Cara mendapatkan manfaatnya, cukup bersihkan 1-3 batang sereh, lalu potong menjadi bagian kecil-kecil. Setelah itu, seduh menggunakan air panas, dan diamkan selama 5 menit sebelum diminum.

Baca Juga: Simak 9 Jenis Teh yang Direkomendasikan agar Kulit Sehat dan Bercahaya, Ada Teh Favoritmu?

2. Teh jahe

Jahe memiliki sifat menenangkan di perut dan mampu mengurangi produksi asam lambung secara alami.

Sehingga mengonsumsi teh jahe dengan sedikit tambahan madu, dapat menjadi obat alternatif untuk mengurangi gejala serta meredakan asam lambung.

3. Teh kemangi

Daun kemangi diketahui efektif dalam membantu menurunkan tingkat asam lambung tinggi. Manfaat ini dikarenakan daun kemangi kaya akan vitamin C, kalsium, betakaroten, fosfor, zat besi, apigenin, eugenol, asam amino arginin, dan triptofan. 

Baca Juga: Catat! 15 Tanaman Herbal yang Bisa Dijadikan Teh, Ada Lavender dan Serai

Untuk mendapatkan manfaatnya, rebus 4-5 lembar daun kemangi dan air secukupnya hingga mendidih. Setelah itu, minum teh kemangi selagi masih hangat.

4. Teh chamomile

Teh chamomile memiliki efek meredakan stres, yang dapat menjadi pemicu asam lambung tinggi.

Sebuah studi menunjukkan, ekstrak chamomile dapat menurunkan tingkat asam lambung dengan efek yang setara dengan antasid.

Baca Juga: 10 Jenis Teh Ini Dianggap Paling Baik untuk Kesehatan Tubuh, Ada Teh Hijau dan Jahe!

5. Teh licorice

Teh licorice adalah teh yang terbuat dari akar licorice atau akar manis, yang biasa digunakan sebagai pemanis permen dan minuman.

Penelitian menunjukkan, mengonsumsi teh licorice dapat membantu menurunkan tingkat asam lambung dan gejala GERD.


 



Sumber : Kontan.co.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x