Kompas TV lifestyle kesehatan

Simak 9 Jenis Teh yang Direkomendasikan agar Kulit Sehat dan Bercahaya, Ada Teh Favoritmu?

Kompas.tv - 14 Desember 2023, 19:10 WIB
simak-9-jenis-teh-yang-direkomendasikan-agar-kulit-sehat-dan-bercahaya-ada-teh-favoritmu
Ilustrasi. Salah satu manfaat teh adalah dapat meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit, seperti menjadikan kulit bercahaya, mengatasi jerawat, hingga mencegah munculnya keriput. (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Teh tidak hanya dikenal sebagai minuman yang nikmat, tetapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. 

Salah satu manfaat teh adalah dapat meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit, seperti menjadikan kulit bercahaya, mengatasi jerawat, hingga mencegah munculnya keriput.

Dikutip dari Merindahbotanicals.com.au, berikut sembilan jenis teh yang direkomendasikan untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit.

9 Teh untuk Kulit Sehat dan Bercahaya

1. Teh Chamomile

Teh chamomile tidak hanya memberikan manfaat dalam mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit, tetapi juga menciptakan efek relaksasi.

Selama beberapa dekade, teh ini telah menjadi pilihan untuk meredakan masalah kulit seperti kekeringan, pengelupasan, dan bahkan jerawat, serta memberikan solusi yang menyeluruh untuk perawatan kulit yang optimal.

Selain dikonsumsi, teh chamomile juga dapat digunakan secara topikal untuk mengatasi masalah lingkaran hitam di bawah mata.

Caranya, letakkan kantung teh chamomile yang hangat pada area tersebut selama 10 menit. Lakukan perawatan ini secara konsisten untuk membantu memulihkan kecerahan pada kulit di area bawah mata. 

2. Teh Melati

Teh melati atau jasmine tea, merupakan pilihan tepat bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Keistimewaan dari teh yang kaya aroma ini terletak pada sifat antivirus, antibakteri, dan antioksidan yang dimilikinya, yang berkontribusi untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Teh melati tidak hanya bermanfaat untuk kulit dengan mencegah tanda-tanda penuaan, tetapi juga dapat berperan sebagai obat untuk mengatasi masalah kulit seperti eksim dan jerawat.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Meniran untuk Mengatasi Berbagai Penyakit, Salah Satunya Mencegah Batu Ginjal!

3. Teh Hijau

Green tea atau teh hijau menjadi salah satu solusi dan perlindungan optimal untuk kulit terhadap dampak negatif sinar matahari.

Dengan kandungan katekin yang melimpah, teh ini memiliki kemampuan mengurangi penuaan kulit, melawan kerusakan akibat paparan sinar matahari, mencegah munculnya keriput, dan mendukung proses pembaruan sel kulit.

Selain itu, teh hijau memiliki kemampuan luar biasa dalam mengatasi peradangan kulit dan menetralisir radikal bebas yang berkontribusi pada kerusakan kulit akibat sinar UV.

Untuk merasakan manfaatnya, kamu dapat menikmati secangkir teh hijau setiap pagi atau memilih produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak teh hijau.

4. Teh Dandelion

Untuk menjaga penampilan agar tetap segar dan awet muda, disarankan mengonsumsi teh dandelion secara rutin setiap hari.



Sumber : Merindahbotanicals.com.au


BERITA LAINNYA



Close Ads x