Kompas TV lifestyle kesehatan

10 Manfaat Daun Meniran untuk Mengatasi Berbagai Penyakit, Salah Satunya Mencegah Batu Ginjal!

Kompas.tv - 4 Desember 2023, 14:25 WIB
10-manfaat-daun-meniran-untuk-mengatasi-berbagai-penyakit-salah-satunya-mencegah-batu-ginjal
Daun dan Bunga Meniran (Sumber: Lalithamba/Creative Commons Attribution 2.0 Generic via Gramedia.com)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Meniran atau Phyllanthus urinaria adalah jenis tanaman yang memiliki batang berbentuk bulat dan tumbuh tegak lurus, dengan tinggi yang dapat mencapai satu meter jika ditanam di tanah yang subur.

Daun dari tanaman meniran memiliki bentuk tulang menyirip genap, dengan setiap tangkainya membawa daun majemuk yang relatif kecil dan berbentuk lonjong. Bunga dari tanaman ini terdapat di tiap ketiak daun dan menghadap ke arah bawah.

Meniran sering diabaikan karena dianggap sebagai jenis rumput yang umum. Tanaman ini tumbuh subur di tempat yang lembap, terutama di dataran rendah hingga ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut.

Meniran mengandung berbagai senyawa kimia seperti zat damar, filantin, kalium, dan penyamak. Tanaman ini memiliki potensi untuk digunakan sebagai pengobatan untuk berbagai penyakit, seperti yang dikutip dari Gramedia.com, berikut ini.

1. Mengatasi Kerusakan Hati

Khasiat daun meniran berasal dari kandungan polifenolnya, terutama phillantin. Polifenol ini terbukti mendukung produksi enzim hati secara normal dan memiliki peran dalam mencegah kerusakan organ hati yang dapat disebabkan oleh penyakit hepatitis B.

Daya tahan antivirus daun meniran juga menjadi benteng proteksi terhadap penyakit hepatitis B. Berbagai ekstrak daun meniran telah terbukti mampu melindungi sel hati dari kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Namun, penting untuk dicatat bahwa manfaat ini baru diuji coba pada hewan, sehingga efeknya pada manusia belum dapat dipastikan, untuk itulah diperlukan penelitian lebih lanjut.

Baca Juga: Simak, 5 Manfaat Air Rebusan Daun Singkong untuk Kesehatan: Salah Satunya Mendukung Program Diet

2. Mencegah Batu Ginjal

Namun, sebaiknya jangan menjadikan daun ini sebagai pengobatan utama batu ginjal. Pasalnya, jika terjadi alergi dapat mengakibatkan reaksi parah yang bisa membahayakan nyawa.

Sejak zaman dahulu, daun meniran telah diandalkan sebagai pengobatan alternatif untuk mencegah dan mengatasi batu ginjal, terutama yang memiliki sifat asam. Penggunaan obat herbal ini terbukti efektif dalam mencegah pembentukan batu ginjal, dan konsumsi daun meniran juga dapat menyusutkan ukuran batu ginjal pada penderita.

Namun, disarankan untuk tidak menggantikan pengobatan utama batu ginjal dengan daun meniran karena berpotensi terjadi alergi yang dapat menyebabkan reaksi parah, bahkan berpotensi membahayakan nyawa.

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Daun meniran telah dikenal memiliki peran dalam pengobatan tradisional, khususnya dalam mencegah pertumbuhan tumor baru dalam tubuh manusia.

Khasiat ini berasal dari sifat antikanker yang dimiliki oleh daun meniran, yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker atau tumor dengan cara meniru sel mati yang mirip dengan sel kanker.

Melalui mekanisme ini, diharapkan pertumbuhan sel kanker baru dapat dicegah. Meskipun demikian, keamanan dan efektivitas manfaat ini masih perlu dikonfirmasi melalui penelitian lebih lanjut pada tubuh manusia.

4. Mempercepat Pembentukan Urine

Daun meniran diketahui memiliki sifat diuretik yang mampu mempercepat proses pembentukan urine.

Khasiat ini terutama bermanfaat bagi individu yang mengalami masalah seperti penumpukan cairan atau kelebihan kadar air dan garam dalam tubuh mereka.

Baca Juga: Manfaat Air Rebusan Daun Sirih Hijau untuk Kesehatan Wajah, Bisa Mengatasi Jerawat!

5. Menjaga Keseimbangan Gula Darah



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.