Kompas TV lifestyle kesehatan

8 Manfaat Air Rebusan Bawang Putih, Salah Satunya Dapat Menurunkan Risiko Kanker

Kompas.tv - 31 Oktober 2023, 15:41 WIB
8-manfaat-air-rebusan-bawang-putih-salah-satunya-dapat-menurunkan-risiko-kanker
Ilustrasi. Salah satu cara populer untuk mendapatkan manfaat bawang putih untuk kesehatan adalah dengan merebus dan meminum air rebusannya. Ini 8 manfaat air rebusan bawang putih. (Sumber: Jcomp on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Bawang putih atau Allium sativum telah menjadi bahan masakan penting selama berabad-abad.

Ternyata bawang putih tidak hanya bisa berfungsi sebagai penyedap rasa masakan, tetapi juga obat alami. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh.

Salah satu cara populer untuk mendapatkan manfaat bawang putih untuk kesehatan adalah dengan merebusnya dan meminum air rebusannya.

Dikutip dari health.grid.id, berikut manfaat air rebusan bawang putih untuk kesehatan tubuh.

8 Manfaat Air Rebusan Bawang Putih

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antivirus, antimikroba, dan antijamur.

Mengonsumsi air rebusan bawang putih secara teratur dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi, dan menjaga kesehatan lainnya.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Air rebusan bawang putih memiliki sifat antitrombotik dan antihipertensi, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, senyawa allicin dalam bawang putih dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Baca Juga: Ternyata 8 Air Rebusan Daun ini Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggimu! Apa Saja?

3. Menyehatkan Saluran Pernapasan

Air rebusan bawang putih memiliki sifat ekspektoran dan antiseptik alami yang dapat membantu meredakan batuk, pilek, dan masalah pernapasan lainnya.

Mengonsumsi air rebusan bawang putih dipercaya dapat membantu membersihkan lendir, mengurangi peradangan, dan mempercepat pemulihan saluran pernapasan.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Bawang putih memiliki sifat antimikroba yang membantu melawan infeksi dan pertumbuhan bakteri jahat dalam sistem pencernaan.

Tidak hanya itu, mengonsumsi air rebusan bawang putih dipercaya dapat membantu memperbaiki keseimbangan flora usus dan meredakan masalah pencernaan seperti diare dan perut kembung.



Sumber : health.grid.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x