Kompas TV lifestyle kesehatan

Ternyata 8 Air Rebusan Daun ini Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggimu! Apa Saja?

Kompas.tv - 25 Oktober 2023, 13:16 WIB
ternyata-8-air-rebusan-daun-ini-dapat-menurunkan-kolesterol-tinggimu-apa-saja
Ilustrasi Tes Kolestrol (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Kamu mungkin sudah tahu bahwa kolesterol tinggi dapat menjadi masalah serius bagi kesehatan.

Menurut NHS, kolesterol tinggi terjadi ketika lemak kolesterol menumpuk terlalu banyak di darah, yang disebabkan karena kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak, kurang olahraga, kelebihan berat badan, hingga kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis minuman rendah kolesterol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh?

Dikutip dari laman Kompas.com, berikut adalah 8 jenis minuman rebusan daun yang telah terbukti berkhasiat untuk menurunkan kolesterol tinggi.

1. Air Rebusan Daun Alpukat

Penelitian berjudul Combination Effect of The Extract of Avocado Leaf and Seed (Persea americana) on Level of Total Cholesterol, LDL, and HDL in Mice (Mus musculus) with Hypercholesterolemia 2019 telah menunjukkan bahwa minuman rebusan daun alpukat dapat efektif menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Penelitian tersebut menganalisis pengaruh pemberian ekstrak daun alpukat dan biji alpukat dalam bentuk kombinasi terhadap kolesterol total, LDL, dan HDL pada tikus hiperkolesterolemia yang diinduksi diet tinggi lemak dan kuning telur bebek.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa kombinasi ekstrak daun dan biji alpukat (CALSE) pada semua kelompok perlakuan terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL.

Baca Juga: 4 Manfaat Air Rebusan Daun Jeruk Purut untuk Kesehatan, Salah Satunya Menyehatkan Rambut

2. Air Rebusan Daun Kelor

Daun kelor telah dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Daun ini juga kaya akan senyawa yang menyehatkan

Tidak hanya itu, daun kelor juga mengandung antara lain; vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, folat, kalsium, kalium, besi, magnesium, fosfor, dan seng.

3. Air Rebusan Daun Sirih

Daun sirih juga telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol, terutama LDL atau kolesterol jahat.

Studi juga menunjukkan bahwa daun sirih dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sambil menurunkan kolesterol jahat.

4. Air Rebusan Daun Sirsak

Sebuah penelitian berjudul Potensi Ekstrak Air Daun Sirsak Sebagai Penurun Kolesterol dan Pengendali Bobot Badan 2016, menunjukkan bahwa minuman rebusan daun sirsak dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Hasil penelitian itu menunjukkan efek pada kolesterol darah mirip dengan obat simvastatin karena mengandung flavonoid yang dapat menghambat enzim HMG CoA reduktase, yang serupa dengan mekanisme kerja simvastatin dalam menurunkan kadar kolesterol darah.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x