Kompas TV lifestyle kesehatan

Apa itu Virus Nipah yang Renggut 2 Nyawa di India? Ini Penjelasan Gejala dan Bahayanya

Kompas.tv - 19 September 2023, 06:45 WIB
apa-itu-virus-nipah-yang-renggut-2-nyawa-di-india-ini-penjelasan-gejala-dan-bahayanya
Ilustrasi virus Nipah yang menewaskan dua warga India. (Sumber: Kjpargerter on Freepik)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wabah virus Nipah telah mengguncang negara bagian Kerala, India. Sekolah-sekolah di sana harus ditutup dan ratusan orang menjalani tes. Saat ini, virus Nipah telah merenggut dua nyawa dan seorang anak tengah dirawat di rumah sakit di Kerala.

Pakar epidemiologi dari Universitas Griffith, Australia, Dicky Budiman, mengatakan virus Nipah dikategorikan sebagai sangat patogenik dan berpotensi menyebabkan pandemi. Belum ditemukan vaksin atau obat untuk mengatasi infeksi virus Nipah ini.

Dicky juga memperingatkan potensi penyebaran virus ini ke Indonesia, meskipun kemungkinannya masih kecil.

Baca Juga: Epidemiolog Sebut Virus Nipah Patogenik, Berpotensi Timbulkan Pandemi, Bisakah Menular ke Indonesia?

"Saat ini, potensinya untuk menyebar ke Indonesia masih jauh, tetapi di Kerala, situasinya semakin serius," ungkap Dicky dikutip dari Kompas.com, Kamis (14/9/2023).

Menurutnya, negara-negara di Asia Tenggara secara umum memiliki risiko terhadap virus Nipah ini. Virus ini pertama kali muncul di Malaysia pada tahun 1998, dan kelelawar buah di wilayah ini adalah inang alamiah dari virus Nipah.

"Sebetulnya potensinya di ASEAN untuk terjadinya Nipah virus ada, karena kelelawar buah di wilayah kita ada," lanjutnya.

Baca Juga: Tewaskan 2 Warga India, Apa Itu Virus Nipah? Kenali Gejala dan Cara Penularannya di Sini

Dicky juga mengakui bahwa kemampuan Indonesia untuk mengatasi infeksi baru masih belum memadai.

"Titik lemah kita adalah sebagai negara yang luas dan memiliki banyak keanekaragaman hayati. Terlebih lagi, virus Nipah bisa ditularkan dari manusia ke manusia," jelasnya.

Virus Nipah sendiri bisa menular ke manusia melalui kontak langsung dengan cairan tubuh hewan seperti kelelawar atau babi yang terinfeksi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengidentifikasi kalong dari keluarga Pteropodidae sebagai inang alami virus Nipah.


Meskipun umumnya menular dari hewan ke manusia, virus Nipah juga dapat menyebar melalui makanan terkontaminasi atau penularan dari manusia ke manusia.

Lalu, apa sebenarnya virus Nipah ini?

Baca Juga: Virus Nipah di India Tewaskan Dua Orang, 700 Orang Dites, Sekolah dan Transportasi Umum Ditutup

Apa itu virus Nipah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x