Kompas TV nasional peristiwa

Pengusaha Galang Dana Rp23 Miliar untuk Timnas U-23, Erick Thohir: Kehormatan Luar Biasa

Kompas.tv - 29 April 2024, 08:42 WIB
pengusaha-galang-dana-rp23-miliar-untuk-timnas-u-23-erick-thohir-kehormatan-luar-biasa
Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan apresiasi kepada para pengusaha yang menyokong Rp23 miliar untuk Timnas Indonesia U-23. (Sumber: Antara)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Para pengusaha Indonesia yang tergabung dalam Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) memberikan dukungan finansial sebesar Rp23 miliar kepada Timnas Sepak Bola Indonesia U23. Penggalangan dana tersebut terjadi secara spontan dalam acara syukuran dan halalbihalal KIKT yang berlangsung di Jakarta pada Minggu (28/4/2024).

Inisiasi penggalangan dana dipimpin oleh Maruarar Sirait, dengan didampingi oleh Ketua KIKT Garibaldi "Boy" Thohir, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid, serta Wakil Ketua Umum III Kadin Shinta Kamdani.

Baca Juga: Nobar Timnas Indonesia U-23 Tidak Dilarang, Asalkan…

"Setuju enggak kita gotong royong untuk memberikan penghargaan dan support bagi tim nasional kita? Setuju ya? Tapi ini sukarela ya, tidak ada paksaan," ujar Maruarar dalam sambutannya dikutip dari Antara, Senin (29/4).

Maruarar kemudian membuka penggalangan dana dengan menyumbang Rp1 miliar atas nama grupnya. Inisiasi itu dibuntuti sejumlah pengusaha lain, seperti Boy Thohir, Arsjad Rasjid, Shinta Kamdani, CEO Indofood dan Salim Group Anthony Salim, bos Alfamart Djoko Susanto, bos ACE Hardware Kuncoro Wibowo, dan bos Bali United Pieter Tanuri.

Baca Juga: Mari Ramaikan, Kemenpora Gelar Nobar Timnas U-23 Vs Uzbekistan U-23 Malam Nanti

"Pak Erick, lapor, ini gotong royong dari acara KIKT, spontan ya, buat memberikan semangat. Kami bangga sama Pak Erick, Pak Shin Tae-yong, dan semuanya. Salam hormat buat teman-teman," ungkap Maruarar.

Erick Thohir Apresiasi Dukungan Rp23 Miliar

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengapresiasi dukungan finansial sebesar Rp23 miliar yang diberikan oleh para pengusaha untuk timnas sepak bola Indonesia.

Baca Juga: 4 Pemain Diaspora di Timnas U-23 ini Masih Miliki Darah Indonesia, Berikut Daftarnya

"Sebagai ketua PSSI inilah kehormatan yang luar biasa. Di mana para pengusaha peduli, karena memang kita musti buktikan, sepak bola ini mempersatukan Indonesia," ungkap Erick.

Erick menyampaikan bahwa sepak bola menjadi pemersatu bangsa di tengah panasnya situasi politik usai pemilihan umum 2024.

Baca Juga: Legenda Everton Tim Cahill Ikut Beri Selamat Timnas Indonesia U23 ke Semifinal Piala Asia U23 2024

Ia melihat antusiasme masyarakat Indonesia dalam mendukung Timnas melalui aktivitas nonton bareng yang terjadi di berbagai daerah, dari Sabang hingga Merauke.

"Dan inilah bukti bahwa bangsa Indonesia ini bangsa yang harmonis dan kebetulan sepakbola mempersatukan," ujarnya.

Baca Juga: Witan Sulaeman Ungkap Resep Ketajaman Timnas Indonesia U23 untuk Hajar Gawang Uzbekistan

Timnas Indonesia mencetak sejarah baru setelah melaju ke semifinal Piala Asia U-23 2024 usai mengalahkan Korea Selatan lewat babak adu penalti. Kini, mereka tinggal selangkah lagi untuk bisa berpartisipasi dalam Olimpiade Paris 2024.

Langkah terakhir yang harus dihadapi Timnas Indonesia adalah melawan Uzbekistan pada Senin, 29 April 2024. Tiket Olimpiade dapat diperoleh jika mampu menyelesaikan Piala Asia U-23 di posisi tiga besar, atau memenangi pertandingan playoff antar konfederasi melawan Guinea yang akan dimainkan pada awal Mei mendatang.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x