Kompas TV lifestyle kesehatan

Kulit Awet Muda dengan Minyak Kelapa, Simak Cara Menggunakan dan Efek Sampingnya

Kompas.tv - 1 September 2023, 16:50 WIB
kulit-awet-muda-dengan-minyak-kelapa-simak-cara-menggunakan-dan-efek-sampingnya
Minyak Kelapa Dipercaya Menjadi Bahan Alami Untuk Perawatan Kulit (Sumber: Jcomp on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Kerutan adalah salah satu tanda umum dari penuaan yang terjadi pada kulit. Memiliki kerutan di wajah terkadang membuat sebagian orang merasa tidak percaya diri.

Untuk mengatasi kerutan, kamu dapat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ceramide. Selain itu, kamu juga bisa mengatasi kerutan dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti minyak kelapa.

Penelitian yang dilakukan oleh Mara Therese Padilla Evangelista, Flordeliz Abad-Casintahan, dan Lillian Lopez-Villafuerte pada tahun 2013 yang dipublikasikan dalam PubMed Central, menerangkan bahwa minyak kelapa dapat membantu mengobati dermatitis lebih baik daripada minyak lainnya.

Salah satu penelitian yang dilakukan oleh K. G. Nevin dan T. Rajamohan pada tahun 2010 yang dipublikasikan dalam PubMed Central, menemukan bahwa minyak kelapa dapat mempercepat waktu penyembuhan luka pada kulit. Para peneliti mengaitkan hal ini dengan peningkatan komponen kolagen dari minyak kelapa.

Tidak hanya itu, kolagen dari minyak kelapa juga berfungsi untuk menciptakan elastisitas kulit sehingga membuat kulit tampak lebih kencang dan bebas kerutan.

Baca Juga: Rahasia Kulit Awet Muda: 8 Cara Ampuh untuk Mencegah Kerutan pada Wajah

Cara Menggunakan Minyak Kelapa Untuk Mengatasi Kerutan

Untuk mengatasi kerutan, kamu dapat menggunakan minyak kelapa seperti halnya serum. Kamu dapat mengaplikasikannya dua kali sehari pada wajah yang telah dibersihkan.

Gunakan minyak kelapa sedikit saja dan oleskan secara merata ke seluruh permukaan kulit wajah. Kemudian diamkan hingga minyak kelapa mengering sebelum kamu mengaplikasikan produk lainnya.

Jika kamu menggunakan produk yang mengandung minyak kelapa, kamu cukup ikuti petunjuk pada kemasannya. Gunakan secara konsisten selama beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Selain minyak kelapa, kamu juga dapat melindungi kulitmu menggunakan pelembab dua kali sehari. Aplikasikan pelembab setelah menggunakan minyak kelapa dan sebelum menggunakan riasan.

Gunakan pelembab siang hari dengan SPF minimal 15. Tidak hanya minyak kelapa dan pelembab, sunscreen juga dapat melindungi kulitmu dari kerusakan akibat paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan penuaan diri.

Baca Juga: 5 Manfaat Sunscreen yang Perlu Diketahui, Cerahkan Wajah hingga Cegah Penuaan

Efek samping Penggunaan Minyak Kelapa untuk Kerutan

Minyak kelapa belum banyak diteliti dan didukung oleh penelitian sebagai bahan alami mengatasi kerutan, termasuk untuk efek sampingnya. Meskipun minyak kelapa telah diteliti sebagai pengobatan untuk dermatitis atopik, ada kemungkinan kamu secara tidak sadar mengalami sensitif terhadap bahan alami ini.

Sebagai aturan praktis, hentikan pemakaian minyak kelapa jika kulitmu menunjukkan tanda-tanda sensitif atau reaksi alergi, termasuk:

  • Terbakar
  • Gatal-gatal
  • Ruam
  • Kemerahan

Sebaiknya lakukan tes alergi kulit sebelum menggunakan minyak kelapa pada kulit wajahmu. Hal yang sama berlaku untuk produk baru lainnya yang kamu gunakan. Oleskan sedikit minyak kelapa ke bagian dalam siku dan tunggu hingga 48 jam.

Minyak kelapa mungkin aman untuk digunakan dalam jangka panjang jika kamu tidak memiliki efek samping setelah waktu tersebut.


 

Hubungi dokter kulit jika kamu mengalami efek samping dari minyak kelapa, terutama jika efek samping tersebut tidak hilang setelah menghentikan penggunaan produk.



Sumber : Healthline.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x