Kompas TV lifestyle tren

5 Juni Memperingati Hari Internasional untuk Memerangi Penangkapan Ikan Ilegal, Ini Sejarahnya

Kompas.tv - 5 Juni 2023, 06:00 WIB
5-juni-memperingati-hari-internasional-untuk-memerangi-penangkapan-ikan-ilegal-ini-sejarahnya
Ilustrasi. Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai memusnahkan 2 buah barang bukti berupa KIA Vietnam pelaku illegal fishing di Perairan Pulau Tiga Natuna, Kepulauan Riau dengan cara ditenggelamkan, Minggu (3/3/2019) sore (Sumber: DOK TNI AL)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari ini, Senin (5/6/2023) bertepatan dengan peringatan Hari Internasional untuk Memerangi Penangkapan Ikan Ilegal,Tidak Dilaporkan, dan Tidak Diatur atau International Day for the Fight against Ilegal, Unreported and Unregulated Fishing.

Tujuan dari memperingati hari ini adalah sebagai upaya komunitas internasional untuk memastikan keberlanjutan perikanan dan mencegahnya dari penangkapan ikan ilegal dan merusak ekosistem laut.

Perikanan memang menyediakan sumber penting makanan, pekerjaan, rekreasi, perdagangan dan kesejahteraan ekonomi bagi orang-orang di seluruh dunia.

Di dunia dengan populasi yang terus bertambah dan kelaparan yang terus-menerus, ikan telah muncul sebagai komoditas penting untuk pencapaian ketahanan pangan. 

Oleh karenanya, penting untuk memastikan konservasi, pengelolaan dan pengembangan sumber daya air hayati yang efektif, dengan menghormati ekosistem dan keanekaragaman hayati dengan tidak menangkap ikan secara ilegal dan merusak.

Sejarah Hari Internasional untuk Memerangi Penangkapan Ikan Ilegal,Tidak Dilaporkan, dan Tidak Diatur

Melansir un.org, Organisasi Pangan dan Pertanian PBB atau Food and Agriculture Organization (FAO) melaporkan kegiatan penangkapan ikan ilegal bertanggung jawab atas hilangnya 11–26 juta ton ikan setiap tahun.

Baca Juga: 10 Pelaku Illegal Fishing Dibekuk Polisi

Untuk mengurangi dampak ini, target 4 dari tujuan 14 Agenda Pembangunan Berkelanjutan yang diadopsi pada tahun 2015 oleh Majelis Umum PBB, secara khusus mendesak masyarakat internasional untuk “secara efektif mengatur pemanenan dan mengakhiri penangkapan ikan berlebihan, penangkapan ikan ilegal, tidak dilaporkan dan tidak diatur, serta praktik penangkapan ikan yang merusak.

Untuk mencapai target yang ambisius ini diperlukan upaya peningkatan kesadaran yang kuat untuk menarik perhatian masyarakat umum terhadap dampak negatif dari kegiatan penangkapan ikan yang ilegal, tidak dilaporkan dan tidak diatur.

Pada tahun 2009, Konferensi FAO mengadopsi Persetujuan tentang Tindakan Negara Pelabuhan untuk Mencegah, Menangkal, dan Memberantas Penangkapan Ikan Ilegal, Tidak Dilaporkan, dan Tidak Diatur.


Perjanjian tersebut mengikat dan menetapkan langkah-langkah minimum Negara pelabuhan untuk mencegah, menghalangi, dan menghapus penangkapan ikan ilegal.

Pada tahun 2015, Komisi Perikanan Umum untuk Mediterania FAO mengusulkan agar inisiatif diluncurkan untuk mendeklarasikan Hari Internasional untuk Memerangi Penangkapan Ikan Ilegal, Tidak Dilaporkan, dan Tidak Diatur.

Komite Perikanan mendukung proposal untuk deklarasi 5 Juni sebagai Hari Internasional untuk Memerangi Penangkapan Ikan Ilegal, Tidak Dilaporkan dan Tidak Diatur.



Sumber : un.org, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x