Kompas TV kolom opini kompasianer

Sesungguhnya Humor dan Ketawa adalah Bagian Penting dalam Hidup

Kompas.tv - 1 Agustus 2023, 19:33 WIB

Konten ini merupakan kerja sama dengan Kompasiana, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.tv

sesungguhnya-humor-dan-ketawa-adalah-bagian-penting-dalam-hidup
Seorang pria yang tertawa (Sumber: Max Pixel/Creative Commons Zero)

 

Betapa berharganya humor. Ia lebih dari sekadar tawa atau lelucon. Ia merupakan kata sederhana yang memiliki dampak luar biasa bagi kesehatan mental, kebahagiaan, dan kualitas hidup manusia. 

Tertawa ringan, senyuman simpul, atau bahkan tawa terbahak sekalipun, semua memberikan sentuhan ajaib yang bisa mengubah hari paling suram menjadi lebih cerah.

Ketawa sebagai Obat Anti-Stres

Kata pepatah, ketawa itu obat. Bagaimana mungkin? Kala berada dalam situasi yang menekan, rasa stres seringkali menyelinap. Mulai dari beban tugas yang menumpuk, hubungan asmara yang rumit, sampai kekhawatiran tentang masa depan. Bila dibiarkan, stres ini bisa bikin produktivitas anjlok dan kesehatan jadi terganggu.

Nah, di sinilah humor berperan. Tak perlu mengira-ngira, penelitian sudah membuktikan bahwa humor bisa meredakan stres. Seperti penelitian dari Mayo Clinic (2016), misalnya, yang menyebut tertawa bisa meningkatkan intake oksigen, merangsang jantung dan otot, serta meningkatkan endorfin yang dilepaskan oleh otak.

Hasilnya? Badan jadi lebih rileks dan mood bisa terangkat.

Lalu, bagaimana bisa tertawa meredakan stres? Ini karena, seperti penelitian dari University of Zurich (2017), humor bisa mengaktifkan bagian otak yang mengendalikan emosi dan respons stres, yakni amygdala dan prefrontal cortex.

Dengan aktifnya bagian otak ini, respon stres jadi berkurang dan suasana hati bisa lebih baik.

Untuk Menyikapi Kegagalan 

Menyikapi hidup dengan humor sama seperti memakai kacamata berwarna pink: semua tampak lebih cerah. Situasi yang semula tegang jadi lebih santai dan masalah yang tadinya berat jadi terasa lebih ringan. Setidaknya, demikianlah banyak orang merasakannya.

Humor juga bisa jadi cara mengekspresikan perasaan dan pikiran yang mungkin sulit diungkapkan. Misalnya, lewat stand up comedy. Orang bisa berbagi pengalaman dan keresahan mereka tentang situasi tertentu dengan cara kocak yang juga menghibur orang lain.

Dengan begitu, humor juga bisa membantu melihat hidup dari perspektif yang berbeda. Saat gagal dalam suatu hal, humor memandangnya sebagai suatu pengalaman belajar yang lucu, sekaligus berharga.

Humor dan Kesehatan Mental

Bicara soal kesehatan mental, humor ternyata juga punya peran penting. Penelitian American Psychological Association (2019) menemukan bahwa humor bisa membantu memperbaiki mood, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan rasa bahagia dan kepuasan terhadap hidup. 

Lalu, bagaimana cara kerja humor dalam meningkatkan kesehatan mental? Ini berhubungan dengan efek fisik dari tertawa yang telah dijelaskan sebelumnya.



Sumber : Kompasiana


BERITA LAINNYA



Close Ads x