Kompas TV kolom opini

Perempuan, Senjata Siluman - Terorisme (2)

Kompas.tv - 28 Oktober 2022, 20:49 WIB
perempuan-senjata-siluman-terorisme-2
Ilustrasi aksi terorisme (Sumber: tribunnews)

Penulis: Trias Kuncahyono 

ADA asumsi umum bahwa terorisme adalah dunia kaum laki-laki. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh sedikitnya perempuan teroris; juga karena aksi ini membutuhkan keberanian luar biasa serta merupakan tindakan kasar dan sungguh-sungguh membuang nilai-nilai kemanusiaan.

Akan tetapi, realitasnya menurut sejarah, perempuan ambil bagian dalam pemberontakan bersenjata, revolusi, dan perang. 

Perempuan memainkan peran dominan di Russian Narodnaya Volya  (Kehendak Rakyat Rusia), sebuah organisasi revolusioner abad ke-19, yang berpandangan aktivitas teroris sebagai jalan paling baik untuk memaksa reformasi politik dan menyingkirkan otokrasi tsar. 

Perempuan juga bergabung dengan Tentara Rakyat Irlandia (IRA), organisasi Baader-Meinhof di Jerman, Red Brigades di Italia, Front Rakyat untuk Pembebasan Palestina. Laporan penelitian European Parliamentary Research Service (2018), juga menegaskan hal itu. 

Secara historis, perempuan telah aktif dalam organisasi kekerasan politik di berbagai wilayah di seluruh dunia. Mereka tidak hanya sebagai pelengkap dan pendukung, tetapi juga sebagai pemimpin dalam organisasi, rekrutmen dan penggalangan dana dan dalam peran operasional langsung. 

Kata Cyndi Banks (2019), profesor kriminologi dari Northern Arizona University, perempuan selalu menjadi bagian dari gerakan teroris baik sebagai pendukung maupun pelaku. 

Misalnya, dalam Religious Wave (Gelombang Agama) -meminjam istilah yang digunakan David Rapoport (2004)- perempuan mengisi berbagai peran mulai dari staf pendukung hingga pelaku nyata aksi teror di Pakistan, India, Sri Lanka, Chechnya, Afghanistan, Palestina, Suriah, Irak, Yaman, dan Kenya. 

Rapaport membagi gelombang aksi teroris menjadi: dari 1880-an hingga 1920'an disebut Anarchist Wave (Gelombang Anarkis), dari 1920-an sampai 1960-an sebagai Anti-Colonial Wave (Gelombang Anti-Kolonial), dari 1960-1979 dinamakan New Left Wave (Gelombang Kiri Baru), dan dari 1979 -selanjutnya disebut Religious Wave (Gelombang Agama). 

Keterlibatan perempuan itu, kata Mia Bloom (2017), akademisi, pengarang Kanada dan profesor komunikasi dari Georgia State University, didorong oleh perubahan etos dan taktik terorisme. 

Baca Juga: Perempuan Berpistol Terobos Istana Merdeka Siti Elina Mengaku Dapat Wangsit dan Mimpi Masuk Neraka

Organisasi terorisme ingin bahwa aksi mereka menimbulkan lebih banyak korban.
Maka, dikembangkan teknologi dan taktik baru untuk mewujudkan keinginan itu. 

Keinginan tersebut diwujudkan dengan: pengenalan terorisme bunuh diri dan merekrut kaum perempuan. Kedua fenomena paralel tersebut diwujudkan di Lebanon pada 1980-an selama pendudukan Israel. 

Perempuan pengebom bunuh diri pertama, kata Mia Bloom (2017), adalah seorang gadis Lebanon berusia 17 tahun: Sana'a Mehaydali tahun 1985.

Ia "menjalankan misi" Partai Nasional Sosialis Suriah (SSNP/PPS), sebuah organisasi sekular pro-Lebanon Suriah. 

Sana'a "ditugaskan" meledakkan diri di dekat konvoi tentara Israel di Lebanon. 
Aksi Sana'a menewaskan lima tentara Israel. 

Dari Lebanon, serangan bunuh diri oleh perempuan meluas ke Sri Lanka, Turki, Chechnya, Israel, Irak, dan termasuk ke Indonesia (dilakukan oleh Puji -bersama suami dan kedua anaknya- pada 17 Mei 2018, di Surabaya). 

Sekadar gambaran, antara tahun 1985 - 2006 saja, terjadi 220 serangan bom bunuh diri oleh perempuan (sekitar 15 persen dari total serangan bom bunuh diri). 

Orang-orang menghadiri pemakaman para petani yang dibantai oleh tersangka militan Boko Haram di Zaabarmar, Nigeria, Minggu, 29 November 2020. (Sumber: AP/Jossy Ola via Kompas.com)

Sejarah panjang 

Sebenarnya, kata Mia Bloom (2017) dan Lora Vonderhaar (2021), keterlibatan langsung perempuan dalam terorisme, memiliki sejarah panjang, lebih dari 100 tahun. 

Selama 50 tahun terakhir, perempuan berpartisipasi dalam kelompok teroris di semua tingkatan, mulai dari penggalangan dana, perekrutan, hingga menjadi pelaku bom bunuh diri.

Perempuan yang dicatat sebagai teroris pertama adalah Vera Zasulich (1878). Zasulich, anggota kelompok anarkis Russia Narodnaya Volya. Ia diadili atas percobaan pembunuhan Gubernur Trepov di St Petersburg. Tetapi, tidak terbukti. 

Sekitar 30 persen anggota organisasi teroris adalah perempuan dan sepertiga pengebom bunuh diri adalah perempuan. Tetapi, di Negeria sekitar 53 persen anggota kelompok Boko Haram adalah perempuan. Boko Haram menjadi terkenal pada April 2014 ketika menculik 270 siswi di Chibok. 

Di Jerman Barat pada akhir 1960-an dan sepanjang 1970-an, muncul nama Ulrike Meinhof, seorang wartawan berhaluan kiri, yang ikut mendirikan -bahkan disebut ideolog- geng Baader-Meinhof (Faksi Tentara Merah). 

Fraksi ini adalah sebuah organisasi pro-sosialis yang menggunakan kekerasan untuk mendukung gerakan pembebasan dunia. 

Menurut Deutsche Welle (1977), di Jerman Barat juga ada organisasi gerilya urban feminis kiri radikal (1974-1995) yakni Rote Zora (Zora Merah). 

Mereka ini disebut bertanggung jawab atas 45 kasus pembakaran dan pengeboman dari tahun 1977 hingga 1988 (Deutsche Welle, 2007). 

Baca Juga: Suami Penerobos Istana Negara Dibaiat NII, Densus 88: Coba Lebarkan Sayap ke Luar Pulau Jawa



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x