Kompas TV internasional kompas dunia

WHO: Tolong Jangan Politisasi Covid-19

Kompas.tv - 30 Juni 2020, 18:26 WIB
Penulis : Laura Elvina

SWISS, KOMPAS.TV - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Senin (29/6/2020), memperingatkan sejumlah pihak untuk menghentikan politisasi COVID-19.

WHO juga mendesak negara-negara untuk bersatu dalam perang melawan pandemi, yang masih menghasilkan peningkatan infeksi harian.

Baca Juga: Ini Dia 2 Kandidat Terkuat Vaksin Corona versi WHO

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, politisasi COVID-19 hanya akan menyebabkan perpecahan di antara negara-negara, dan berdampak pada tidak efektifnya penanganan pandemi di seluruh dunia.

"Dari awal kami katakan tolong, tolong karantina politik COVID. Tolong, kami membutuhkan persatuan nasional, persatuan di tingkat negara, persatuan di antara partai-partai politik, persatuan lintas ideologi, persatuan lintas keyakinan, persatuan lintas ras, persatuan lintas sejumlah perbedaan lainnya.

Tolong, hindari pembagian apa pun, perbedaan apa pun yang bisa dieksploitasi karena virus dan kita harus melawan virus ini secara bersama-sama, "kata Tedros.

Baca Juga: Corona Belum Usai, WHO: Dunia Dalam Fase Baru dan Berbahaya

Menanggapi serangkaian komentar pedas dari Presiden AS Donald Trump mengenai pelabelan virus, kepala Program Darurat Kesehatan WHO, Michael Ryan, mengatakan semua orang harus menahan diri dari menggunakan bahasa dengan konotasi negatif, karena ini adalah etiket diplomatik dasar. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x