Kompas TV internasional kompas dunia

Ini Strategi Gedung Putih Hadapi Pemakzulan Joe Biden: Cuekin, Pisahkan, Kecam, Galang Dana

Kompas.tv - 14 September 2023, 10:49 WIB
ini-strategi-gedung-putih-hadapi-pemakzulan-joe-biden-cuekin-pisahkan-kecam-galang-dana
Di Gedung Kongres AS, anggota Partai Republik sepenuhnya mendukung pengumuman Ketua Kongres AS Kevin McCarthy mengenai penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden Joe Biden. Di Gedung Putih, Presiden Joe Biden malah membicarakan pentingnya kerjasama lintas partai dalam memerangi kanker, dan mengabaikan pertanyaan tentang pemakzulan. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Di Gedung DPR AS, anggota Partai Republik sepenuhnya mendukung pengumuman Ketua Kongres AS Kevin McCarthy mengenai penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden Joe Biden. Sementara itu Presiden Joe Biden mengabaikan pertanyaan tentang pemakzulan, dan malah membicarakan pentingnya kerjasama lintas partai dalam memerangi kanker.

Ini dinilai sebagai bagian rencana pemilu Biden, jika dia hanya fokus menjalankan tugasnya dan memerintah, Amerika akan melihat hasilnya dan memberinya empat tahun lagi untuk berkuasa.

"Begini ya, saya punya banyak pekerjaan yang harus saya lakukan," kata presiden tersebut kemudian, sambil menjauh dari kamera, kepada sekelompok pendukung pada acara penggalangan dana pencalonan kembali di Virginia dalam komentar terpanjangnya tentang penyelidikan ini seperti dilaporkan Associated Press, Kamis, (14/9/2023).

"Saya bangun setiap hari, -ini nggak bercanda-, tidak memikirkan pemakzulan. Saya punya pekerjaan yang harus saya lakukan. Saya harus menghadapi masalah yang memengaruhi rakyat Amerika setiap hari," ujarnya. 

Sikap ini dinilai sebagai inti dari strategi Gedung Putih menghadapi proses pemakzulan yang diluncurkan menjelang pemilihan umum 2024 oleh Partai Republik.

Mereka mencoba menghubungkan Biden dengan urusan bisnis putranya, Hunter. Ini juga disebut upaya Partai Republik mengalihkan perhatian dari masalah hukum Donald Trump sendiri.

Gedung Putih mempersiapkan diri menghadapi upaya pemakzulan sejak Partai Republik memenangkan kendali atas Gedung Kongres AS dalam pemilihan November lalu. Ada sekitar dua puluh staf di kantor penasihat yang ditugaskan untuk urusan ini.

Penasihat utama yang baru Gedung Putih, Ed Siskel, adalah mantan pengacara pemerintahan Obama yang membantu merancang respons terhadap penyelidikan kongres terkait serangan Benghazi 2012 yang menewaskan empat warga Amerika, termasuk duta besar AS.

Buku panduan pemakzulan Gedung Putih sejauh ini adalah: Cuek. Pisahkan. Kecam. Galang Dana.

Baca Juga: Kokain Misterius di Gedung Putih, Secret Service Klaim Tidak Temukan Sidik Jari dan Sampel DNA

Ketua Kongres AS, Kevin McCarthy, hari Selasa, 12 September 2023, mengumumkan ia memerintahkan Kongres AS untuk memulai penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden Joe Biden terkait bisnis keluarganya. (Sumber: AP Photo)

Artinya, tolak tudingan sebagai tidak berdasar, tetap fokus pada kebijakan, biarkan pertanyaan pemakzulan dijawab para pengacara, dan berikan omelan kepada yang memberikan terlalu banyak kredibilitas pada tuduhan mereka.

Sekretaris Pers Gedung Putih, Karine Jean-Pierre, menolak penyelidikan ini dan menyebutnya sebagai "aksi politik", kemudian mengalihkan pertanyaan detail kepada kantor penasihat Gedung Putih. 

"Kami pikir mereka seharusnya bekerja dengan kami pada masalah yang sah, hal-hal yang benar-benar penting bagi rakyat Amerika," katanya.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x