Kompas TV internasional kompas dunia

Kokain Misterius di Gedung Putih, Secret Service Klaim Tidak Temukan Sidik Jari dan Sampel DNA

Kompas.tv - 14 Juli 2023, 03:05 WIB
kokain-misterius-di-gedung-putih-secret-service-klaim-tidak-temukan-sidik-jari-dan-sampel-dna
Tidak ada sidik jari atau sampel DNA yang ditemukan pada bungkus kokain yang ditemukan di lobi Gedung Putih minggu lalu meskipun telah dilakukan analisis laboratorium kejahatan canggih FBI, dan rekaman pengawasan area tersebut tidak mengidentifikasi seorang yang diduga sebagai tersangka, menurut ringkasan penyelidikan Secret Service. (Sumber: New York Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Tidak ada sidik jari atau sampel DNA yang ditemukan pada bungkus kokain yang ditemukan di lobi Gedung Putih minggu lalu meskipun telah dilakukan analisis laboratorium kejahatan canggih FBI. Rekaman pengawasan area tersebut juga tidak mengidentifikasi seorang yang diduga sebagai tersangka.

Tidak ada petunjuk tentang siapa yang membawa narkoba tersebut ke dalam gedung, seperti yang laporan Secret Service yang diperoleh oleh Associated Press, Kamis (13/7/2023).

Agen Secret Service Amerika Serikat menemukan kokain selama pemeriksaan rutin Gedung Putih tanggal 2 Juli, di sebuah wilayah inti West Wing yang ramai yang digunakan untuk meletakkan ponsel dan barang-barang lainnya.

"Tanpa bukti fisik, penyelidikan tidak akan dapat mengidentifikasi orang yang dicurigai dari ratusan individu yang melewati lorong tempat kokain ditemukan," kata pejabat Secret Service dalam ringkasan tersebut.

Seorang sumber yang akrab dengan penyelidikan tersebut, yang tidak diizinkan untuk membahas penyelidikan yang sedang berlangsung secara publik dan berbicara kepada Associated Press dengan syarat anonimitas, mengatakan kemungkinan besar bungkus itu ditinggalkan oleh salah satu dari ratusan pengunjung yang datang dan pergi dari gedung selama akhir pekan.

Keberadaan kokain di Gedung Putih memicu kritik dan pertanyaan dari Partai Republik, yang meminta penjelasan mengenai penyelidikan tersebut, Kamis (13/7/2023).

Baca Juga: Saat Paket Kokain Ditemukan di West Wing, Lokasi Paling Inti Gedung Putih Kantor Joe Biden

Ilustrasi Kokain. Tidak ada sidik jari atau sampel DNA yang ditemukan pada bungkus kokain yang ditemukan di lobi Gedung Putih minggu lalu meskipun telah dilakukan analisis laboratorium kejahatan canggih FBI, dan rekaman pengawasan area tersebut tidak mengidentifikasi seorang yang diduga sebagai tersangka, menurut ringkasan penyelidikan Secret Service. (Sumber: Shutterstock Via Kompas.com)

Juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan, Presiden Joe Biden meyakini sangat penting bagi Secret Service untuk mencari tahu bagaimana narkoba tersebut berada di Gedung Putih.

Secret Service bertanggung jawab atas keamanan Gedung Putih dan memimpin penyelidikan ini. Biden tidak berada di sana saat penemuan kokain. Dia berada di Camp David bersama keluarganya untuk berlibur pada akhir pekan tersebut.

Gedung Putih sempat dievakuasi sementara sebagai tindakan pencegahan ketika bubuk putih itu ditemukan. Pemadam kebakaran dipanggil untuk menguji zat tersebut di tempat guna menentukan apakah zat itu berbahaya, dan tes awal menunjukkan hasil negatif untuk ancaman biologis tetapi positif untuk kokain.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x