Kompas TV internasional kompas dunia

Dari Ancaman Dihinakan, Putra Mahkota Arab Saudi Melawan dan Kini Jadi Mitra AS

Kompas.tv - 12 Juni 2023, 02:05 WIB
dari-ancaman-dihinakan-putra-mahkota-arab-saudi-melawan-dan-kini-jadi-mitra-as
Pemerintahan AS silih berganti dan selalu menekan Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, namun kini tumbuh menjadi sosok sangat penting di kawasan dan dunia. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

ISTANBUL, KOMPAS.TV - Joe Biden saat berkampanye untuk dalam Pemilihan Presiden AS pernah berjanji akan menjadikan Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman, sebagai "paria" atau yang dihinakan. Biden meyakini Bin Salman bertanggung jawab atas pembunuhan dan mutilasi Jamal Khasoggi, seorang pengkritik Arab Saudi yang berbasis di luar negeri.

Biden juga mengancam Putra Mahkota tersebut pada musim gugur tahun lalu dengan "konsekuensi" karena menentang keinginan Amerika Serikat mengenai kebijakan minyak, seperti laporan New York Times, Minggu (11/6/2023).

Senator Partai Republik, Lindsey Graham, menyebut Putra Mahkota Mohammed, yang merupakan penguasa de facto kerajaan kaya minyak itu, sebagai "bola penghancur" yang tidak bisa menjadi pemimpin di panggung dunia.

Dan Jay Monahan, kepala PGA Tour, turnamen golf bergengsi, mengatakan para pemain yang bergabung dengan liga Saudi yang didukung oleh Saudi Arabia telah mengkhianati korban serangan teroris 9/11.

Namun kini, kata-kata mereka terdengar hampa dan kosong.

Biden, dalam kunjungan ke Arab Saudi pada tahun 2022, memberi salam kepalan tangan dengan Putra Mahkota Mohammed saat bertemu, dan secara rutin mengirim pejabat untuk menemuinya, termasuk Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada minggu ini.

Graham tersenyum di samping Sang Putra Mahkota, yang dikenal dengan inisial MBS, saat berkunjung ke Arab Saudi pada bulan April.

Pada minggu ini juga, Monahan mengguncang dunia golf profesional dengan mengumumkan kemitraan yang direncanakan antara PGA dan liga golf baru yang didukung oleh Saudi Arabia, yang secara tiba-tiba memberikan pengaruh global yang besar kepada negara tersebut dalam dunia olahraga.

Baca Juga: AS dan Arab Saudi Desak Gencatan Senjata Sudan Diperpanjang, Rilis Pernyataan Bersama

Menlu AS Antony Blinken bersama Menlu Arab Saudi. Pemerintahan AS silih berganti dan selalu menekan Putra Mahkota Arab Saudi, namun kini tumbuh menjadi sosok sangat penting di kawasan dan dunia. (Sumber: AP Photo)

"Ini hanya menunjukkan betapa uang bisa berbicara, karena orang ini duduk di atas sumur minyak dan semua uang ini, sehingga ia sebenarnya bisa membeli segalanya," kata Abdullah Alaoudh, Direktur Saudi untuk Freedom Initiative, sebuah kelompok hak asasi manusia di Washington dan seorang lawan vokal monarki Saudi.

Berkali-kali selama delapan tahun masa kepemimpinannya, Putra Mahkota Mohammed bin Salman yang berusia 37 tahun, menghancurkan harapan beberapa pihak bahwa kekuasaannya terancam, sambil memanfaatkan kekayaan kerajaan, pengaruhnya dalam pasar minyak, dan pentingnya Saudi Arabia dalam dunia Arab dan Islam untuk menghindari ancaman penghukuman dengan isolasi internasional, dalam hal ini Barat.

Dalam perjalanan tersebut, ia tidak hanya mempertajam visinya untuk masa depan Saudi Arabia sebagai kekuatan regional yang tegas dengan ekonomi yang berkembang dan pengaruh politik yang meningkat, tetapi juga mengambil pelajaran dari kegagalannya untuk menyempurnakan metode mencapai tujuannya, kata para analis dan pejabat.

Setidaknya untuk saat ini, tampaknya MBS berada dalam puncak keberhasilannya.

Permintaan minyak yang kuat dalam beberapa tahun terakhir telah mengisi kas kerajaan. Mereka membeli klub sepak bola Inggris, membayar jumlah yang fantastis untuk membawa megabintang sepak bola Portugal, Cristiano Ronaldo, bermain di liga nasional mereka, dan sedang mencoba merekrut bintang-bintang internasional lainnya juga.

Jika kesepakatan golf tersebut berhasil, seorang ajudan dekat Putra Mahkota Mohammed akan menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh dalam olahraga golf, sehingga memberikan kesempatan kepada Saudi Arabia untuk membentuk kembali citra internasionalnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, kepala negara dari Turki hingga AS yang sebelumnya menolak Putra Mahkota itu, kini menerima dirinya sebagai masa depan Saudi Arabia.

Dan ia telah memperdalam hubungan Arab Saudi dengan China, yang membantu memediasi terjadinya terobosan diplomatik antara Saudi Arabia dan Iran, yang merupakan rival bebuyutan di skala regional.

Baca Juga: Saat Arab Saudi dan Suriah Kembali Buka Hubungan Diplomatik Resmi Setelah 10 Tahun

Pertemuan delegasi Menlu AS dan Menlu Arab Saudi di Riyadh minggu ini. Pemerintahan AS silih berganti dan selalu menekan Putra Mahkota Arab Saudi, namun kini tumbuh menjadi sosok sangat penting di kawasan dan dunia. (Sumber: New York Times)

Semua itu menandai kemajuan yang signifikan bagi seorang pangeran muda yang sebelumnya dilihat sebagai orang yang berbahaya setelah ayahnya menjadi raja pada tahun 2015.

Pada tahun yang sama itu, Putra Mahkota meluncurkan intervensi militer di Yaman yang menyebabkan banyak kematian warga sipil dan terperangkap dalam situasi yang sulit.

Ia kemudian mengejutkan komunitas diplomatik dengan penculikan Perdana Menteri Lebanon, kata New York Times, dan mengejutkan komunitas bisnis dengan mengurung ratusan orang Saudi kaya dalam sebuah hotel mewah selama berminggu-minggu dalam apa yang diklaim sebagai kampanye antikorupsi.

Prestasinya secara internasional merosot tajam tahun 2018 setelah kelompok pembunuh Saudi membunuh dan memutilasi jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di dalam konsulat kerajaan di Istanbul.

Putra Mahkota Mohammed membantah dia tahu sebelumnya tentang rencana pembunuhan itu, tetapi Badan Intelijen Sentral AS menyimpulkan ia kemungkinan memerintahkan operasi tersebut.

Mungkin itulah titik terendahnya.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, pengaruh Sang Putra Mahkota pulih dan lebih kuat, dibantu oleh kekayaan dan kekuasaan negaranya. Pada awalnya, ia mencopot dan mengganti rival-rivalnya untuk mengonsolidasikan kendali di dalam negeri.

Baca Juga: Hubungan AS-Arab Saudi Tegang, Penasihat Keamanan Gedung Putih Bertemu Pangeran Saudi

Dalam foto yang dirilis Xinhua, Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran Ali Shamkhani (kanan) berjabat tangan dengan penasihat keamanan nasional Arab Saudi, Musaad bin Mohammed al-Aiban (kiri) didampingi Wang Yi, diplomat paling senior China, di Beijing, Sabtu, 11 Maret 2023. (Sumber: Luo Xiaoguang/Xinhua via AP)

Perubahan sosial yang ia dorong, seperti mengizinkan perempuan mengemudi dan memperluas pilihan hiburan di negara yang sebelumnya melarang bioskop, memenangkan simpati di kalangan generasi muda kerajaan tersebut.

Ia juga tahu sebagai pewaris takhta dalam monarki, ia dapat bermain dalam jangka waktu yang panjang. Ia tidak perlu mengikuti pemilihan kembali.



Sumber : New York Times / Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x