Kompas TV internasional kompas dunia

Zelenskyy Akhirnya Umumkan Serangan Balik terhadap Rusia Sedang Berlangsung

Kompas.tv - 11 Juni 2023, 03:05 WIB
zelenskyy-akhirnya-umumkan-serangan-balik-terhadap-rusia-sedang-berlangsung
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Sabtu (10/6/2023), mengumumkan serangan balik dan tindakan pertahanan militer sedang berlangsung melawan pasukan Rusia. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KIEV, KOMPAS.TV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Sabtu (10/6/2023), mengumumkan serangan balik dan tindakan pertahanan militer sedang berlangsung melawan pasukan Rusia.

Zelenskyy juga menegaskan para komandan teratasnya memiliki "pikiran positif" saat pasukannya terlibat dalam pertempuran sengit di sepanjang garis depan, seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Sabtu (10/6/2023).

Pemimpin Ukraina ini, dalam konferensi pers di Kiev bersama Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, menjawab pertanyaan tentang komentar Presiden Rusia Vladimir Putin sehari sebelumnya yang menyatakan serangan balik Ukraina telah dimulai dan pasukan Ukraina mengalami "kerugian yang signifikan."

Zelenskyy mengatakan, "Serangan balik dan tindakan pertahanan sedang berlangsung di Ukraina. Saya tidak akan berbicara tentang tahap atau fase apa yang sedang berlangsung."

"Saya berhubungan dengan para komandan kita di berbagai arah setiap hari," tambahnya, sambil menyebutkan nama-nama lima pemimpin militer teratas Ukraina. "Semuanya dalam kondisi positif. Sampaikan pesan ini kepada Putin."

Trudeau, pemimpin asing pertama yang mengunjungi Ukraina sejak banjir dahsyat yang disebabkan oleh kebocoran bendungan Sungai Dnieper, menawarkan dukungan finansial, militer, dan moral.

Dia berjanji memberikan bantuan militer senilai 500 juta dolar Kanada (USD375 juta), ditambah dengan lebih dari 8 miliar dolar Kanada (USD6 miliar) yang telah diberikan oleh Kanada sejak perang dimulai pada Februari 2022, dan mengumumkan bantuan kemanusiaan senilai 10 juta dolar Kanada (USD7,5 juta) untuk respons terhadap banjir.

Trudeau mengatakan kebocoran bendungan tersebut adalah "konsekuensi langsung dari perang Rusia," namun dia tidak menyalahkan Moskow secara langsung.

Baca Juga: Diserang Pasukan Ukraina, Sejumlah Unit Rusia Disebut Mundur Tak Teratur hingga Injak Ranjau Sendiri

Dua tentara Ukraina beristirahat di garis depan di dekat Kreminna, wilayah Luhansk, Ukraina, Kamis, 8 Juni 2023. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengumumkan serangan balik dan tindakan pertahanan militer sedang berlangsung melawan pasukan Rusia. (Sumber: Roman Chop via AP)

Staf Umum Ukraina mengatakan pada hari Sabtu "pertempuran berat" sedang berlangsung, dengan 34 bentrokan selama hari sebelumnya di wilayah timur industri negara itu.

Tidak ada rincian yang diberikan, tetapi dikatakan pasukan Rusia sedang "membela diri" dan meluncurkan serangan udara dan artileri di wilayah Kherson dan Zaporizhzhia di selatan Ukraina.

Otoritas Ukraina tidak mengumumkan secara resmi serangan balik penuh sedang berlangsung, meskipun beberapa analis Barat mengatakan pertempuran yang lebih sengit dan penggunaan pasukan cadangan menunjukkan adanya serangan balik tersebut.

Injeksi baru-baru ini dari miliaran dolar peralatan militer Barat, beberapa di antaranya berupa teknologi tinggi dan terbaik bagi Ukraina telah meningkatkan ekspektasi tentang kapan peralatan tersebut akan digunakan dan apa efeknya terhadap posisi Rusia yang bertahan.

Selama berbulan-bulan, para komandan Ukraina di kota timur Bakhmut, yang hancur parah dalam pertempuran berbulan-bulan yang merupakan salah satu pertempuran paling berdarah dalam perang ini, telah menggunakan bahasa serangan balik dan operasi pertahanan untuk menggambarkan aktivitas di sana.

Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Maliar mengatakan bahwa pusat pertempuran berada di timur, terutama di wilayah Donetsk, dan melaporkan "pertempuran berat" di Lyman, Bakhmut, Avdiivka, dan Marinka.

Valerii Shershen, juru bicara angkatan bersenjata Ukraina di Zaporizhzhia, mengatakan kepada Radio Liberty mereka sedang mencari kelemahan dalam pertahanan Rusia di wilayah itu, di sebelah barat.

Baca Juga: Rusia Klaim Pukul Mundur Serangan Balik Ukraina Gelombang Awal, Ini Klaim Rinciannya

Foto bendungan Nova Kakhovka saat ini usai diledakkan. Pasukan Rusia menyerang sebuah kota di Ukraina bagian selatan yang tenggelam akibat bencana robohnya bendungan, demikian disampaikan oleh pejabat Ukraina seperti laporan Associated Press, Jumat (9/6/2023). (Sumber: AP Photo / Maxar)

Pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia, pembangkit terbesar di Eropa, yang diduduki oleh pasukan Rusia, mengumumkan penghentian operasi reaktor kelima dari enam reaktornya hari Kamis.

Ini adalah proses di mana semua batang kendali dimasukkan ke dalam inti reaktor untuk menghentikan reaksi fisi nuklir dan pembangkitan panas dan tekanan.

Energoatom, badan nuklir Ukraina, mengatakan dalam pernyataan Jumat malam bahwa tidak ada ancaman langsung bagi pembangkit listrik Zaporizhzhia akibat kebocoran bendungan Kakhovka di hilir Sungai Dnieper, yang telah memaksa ribuan orang mengungsi akibat banjir dan juga mengurangi secara drastis tingkat air di sebuah waduk yang digunakan untuk mendinginkan fasilitas tersebut.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x