Kompas TV internasional kompas dunia

Berupaya Perkuat Ikatan Ekonomi dengan Dunia Muslim, Moskow Gelar Forum Dunia Islam - Rusia di Kazan

Kompas.tv - 17 Mei 2023, 08:00 WIB
berupaya-perkuat-ikatan-ekonomi-dengan-dunia-muslim-moskow-gelar-forum-dunia-islam-rusia-di-kazan
Forum Dunia Islam - Rusia atau Kazan Expo akan dimulai di Kazan, barat daya Rusia, hari Kamis, (18/5/2023), bertujuan memperkuat ikatan ekonomi antara Rusia dan negara-negara Muslim. Dalam situasi putusnya hubungan antara Rusia dan Barat, ikatan ini sekarang menjadi bagian dari tatanan dunia yang berubah. (Sumber: RIA Novosti)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

KAZAN, KOMPAS.TV - Forum Dunia Islam - Rusia akan dimulai di Kazan, barat daya Rusia, hari Kamis, (18/5/2023). Forum ini bertujuan memperkuat ikatan ekonomi antara Rusia dan negara-negara muslim. Dalam situasi putusnya hubungan antara Rusia dan Barat, ikatan ini sekarang menjadi bagian dari tatanan dunia yang berubah.

Seperti laporan France24, Selasa (16/5/2023), keputusan Rusia menggelar forum Dunia Islam-Rusia di Kazan punya makna simbolis: ibu kota Tatarstan, yang terletak sekitar 800 km di sebelah timur Moskow, dipandang oleh Rusia sebagai contoh sukses multikulturalisme dan kehidupan beragama yang damai.

Rusia adalah rumah bagi sekitar 15 juta warga Muslim "dalam arti mereka termasuk dalam kelompok etnis dengan dasar budaya yang terkait dengan Islam. Tidak semua dari mereka adalah penganut atau praktisi Muslim," menurut laporan dari Institut Hubungan Internasional Prancis.

Secara keseluruhan, umat muslim menyusun 10 persen dari populasi Rusia, dengan sebagian besar tinggal di Kaukasus, daerah yang memisahkan Laut Kaspia dan Laut Hitam, serta di wilayah Volga-Ural.

Umat muslim telah tinggal di Tatarstan, di Distrik Volga, selama berabad-abad dan populasi Tatar (yang berasal dari kelompok etnis Turki yang sebagian besar muslim) merupakan kelompok minoritas etnis terbesar di Rusia.

"Tatarstan adalah salah satu wilayah terkaya di Rusia sehingga juga berfungsi sebagai contoh pameran ekonomi," kata Ivan Ulises Kentros Klyszcz, peneliti di Pusat Internasional untuk Pertahanan dan Keamanan di Tallinn, Estonia, "Karena Tatarstan menarik investasi dan menjadi pusat industri, punya citra yang sangat sesuai dengan pendekatan ekonomi pragmatis Rusia."

Forum di Kazan bertujuan memperkuat ikatan ekonomi, budaya, dan intelektual antara Rusia dan 57 negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI), organisasi yang didirikan pada tahun 1969 untuk mewakili "suara kolektif dunia Muslim" dan melindungi kepentingan negara-negara anggotanya secara bersama-sama.

Baca Juga: Rusia Hantam Kiev dalam Serangan Udara Besar-Besaran Gunakan Drone dan Rudal Jarak Jauh

Forum Dunia Islam - Rusia akan dimulai di Kazan, barat daya Rusia, hari Kamis, (18/5/2023), bertujuan memperkuat ikatan ekonomi antara Rusia dan negara-negara Muslim. Dalam situasi putusnya hubungan antara Rusia dan Barat, ikatan ini sekarang menjadi bagian dari tatanan dunia yang berubah. (Sumber: RIA Novosti)

Identitas Muslim

Meskipun Rusia bukan anggota penuh OKI, tahun 2003 Presiden Vladimir Putin menjadi kepala negara pertama dari negara mayoritas non-muslim yang diundang untuk berbicara di sebuah pertemuan puncak OKI.

Hanya tiga tahun setelah menjabat pertama kali, Putin bertujuan untuk memperbaiki citra Rusia di dunia Islam setelah perang melawan populasi muslim di Chechnya (yang terletak di Kaukasus) dan Afghanistan.

Dua tahun kemudian, Putin meraih kemenangan diplomasi ketika Rusia diterima dengan status negara pengamat oleh OKI.

"Integrasi Rusia ke dalam organisasi ini terjadi dalam konteks ketegangan baru dengan AS, terutama mengenai Irak, dan juga sebagai respons terhadap keinginan Arab Saudi untuk menyesuaikan kembali hubungannya dengan AS," kata Igor Delanoë, Wakil Kepala Pusat Analisis Prancis-Rusia Observo (CCI France-Russia) di Moskow.

Hal ini juga memungkinkan Rusia untuk mengeklaim rasa kepemilikan di dunia muslim, posisi yang selalu ingin ditonjolkan oleh Putin.

Presiden tersebut secara historis mempromosikan keragaman agama dan etnis Rusia sebagai alat hubungan luar negeri untuk menempatkan negara ini sebagai mediator utama antara Barat dan Timur.

Baca Juga: NATO Ingin Jamin Keamanan Ukraina, tapi Khawatir Terlibat Perang Nuklir dengan Rusia

Forum Dunia Islam - Rusia akan dimulai di Kazan, barat daya Rusia, hari Kamis, (18/5/2023), bertujuan memperkuat ikatan ekonomi antara Rusia dan negara-negara Muslim. Dalam situasi putusnya hubungan antara Rusia dan Barat, ikatan ini sekarang menjadi bagian dari tatanan dunia yang berubah. (Sumber: RIA Novosti)

'Diplomasi paralel'

Untuk mempertahankan pengaruhnya di negara-negara muslim, Rusia membentuk "kelompok visi strategis" tahun 2006, yang saat ini dipimpin oleh Rustam Minnikhanov, kepala Tatarstan.

Munculnya pemberontakan musim semi Arab pada awal 2010-an membuat pekerjaan kelompok ini menjadi kurang terfokus, tetapi kegiatan mereka meningkat sejak aneksasi Krimea oleh Rusia tahun 2014 dan sanksi yang diberlakukan oleh Amerika Serikat (AS) dan Barat.

Putusnya hubungan dengan Barat memicu peningkatan aktivitas ekonomi antara Rusia dan Timur Tengah yang keduanya menyambut dengan baik.

"Perubahan generasi di antara monarki di negara-negara Teluk memungkinkan adanya hubungan yang lebih erat, dimana untuk kepala negara yang lebih muda, perang di Afghanistan dan Chechnya hanya terletak dalam buku sejarah," kata Delanoë.

Pemimpin Rusia dengan latar belakang muslim sering digunakan sebagai "utusan" diplomatik untuk memperkuat hubungan, tambah Delanoë. Pada Maret 2022, misalnya, Minnikhanov bertemu dengan Presiden Macky Sall dalam kunjungannya ke Senegal.



Sumber : France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x