Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

AS Siap Kirim Tambahan Senjata ke Ukraina, Termasuk Tank Jembatan dan Roket Canggih HIMARS

Kompas.tv - 4 Maret 2023, 04:30 WIB
as-siap-kirim-tambahan-senjata-ke-ukraina-termasuk-tank-jembatan-dan-roket-canggih-himars
AS segera mengumumkan bantuan militer baru untuk Ukraina hari Jumat ini, (3/3/2023) termasuk delapan kendaraan lapis baja peluncur jembatan dan amunisi HIMARS. (Sumber: Wikipedia)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Amerika Serikat (AS) segera mengumumkan paket bantuan militer baru untuk Ukraina, Jumat (3/3/2023). Paket bantuan militer itu termasuk 8 kendaraan lapis baja peluncur jembatan dan memungkinkan pasukan untuk menyeberangi sungai atau celah lainnya.

Hal itu diungkapkan sejumlah pejabat AS pada Kamis (2/3) seperti dikutip Associated Press, Jumat (3/3).

Pejabat-pejabat tersebut mengatakan total biaya paket ini akan mencapai sekitar 400 juta dolar AS dan juga akan mencakup jumlah besar amunisi, seperti roket untuk Sistem Artileri Bergerak Tinggi HIMARS. Ini terjadi hanya seminggu setelah satu tahun invasi Rusia ke Ukraina, dan ketika pasukan Ukraina bersiap untuk serangan musim semi.

Para pejabat AS itu berbicara dengan syarat anonimitas. Pasalnya, paket bantuan tersebut belum diumumkan secara publik.

Armored Vehicle Launched Bridge AVLB disebut-sebut sebagai jembatan metal lipat portable sepanjang 60 kaki yang dibawa di atas tubuh tank. Memberikan sistem ini sekarang dapat membantu pasukan Ukraina saat mereka meluncurkan serangan yang diharapkan, dan membuat lebih mudah bagi pasukan untuk menyeberangi sungai untuk mencapai pasukan Rusia.

Termasuk paket terbaru ini, AS saat ini sudah memberikan lebih dari 32 miliar dolar AS bantuan militer kepada Ukraina. Jembatan kendaraan dan amunisi dalam paket akan diambil dari stok Pentagon melalui otoritas penarikan presiden, sehingga mereka akan dapat dikirimkan dengan cepat ke garis depan perang.

Bantuan tersebut juga akan mencakup jumlah yang tidak diungkapkan untuk meriam, amunisi lainnya, amunisi ledakan dan peralatan lain untuk membersihkan rintangan, suku cadang, dan peralatan untuk perawatan dan perbaikan kendaraan.

Baca Juga: Zelenskyy Sebut Rusia Gagal Hancurkan Rakyat Ukraina dengan Musim Dingin: Kami Melewati Masa Sulit

Sistem rudal Himars. AS segera mengumumkan bantuan militer baru untuk Ukraina, Jumat (3/3/2023) termasuk 8 kendaraan lapis baja peluncur jembatan dan amunisi HIMARS. (Sumber: Corey Dickstein/Savannah Morning News via AP, File)

Pengumuman ini datang setelah pertemuan singkat hari Kamis antara Menlu AS Antony Blinken dan Menlu Rusia Sergey Lavrov dalam pertemuan para diplomat teratas dari negara-negara G20 di New Delhi, India.

Ini adalah pembicaraan tatap muka tertinggi antara kedua negara sejak invasi Rusia ke Ukraina. Namun, tidak ada indikasi dari setiap gerakan untuk meredakan ketegangan antara kedua negara.

Blinken mengatakan ia memberitahu Lavrov bahwa AS akan terus mendukung Ukraina selama yang dibutuhkan.

Lavrov, yang tidak menyebutkan berbicara dengan Blinken saat ia mengadakan konferensi pers setelah pertemuan, mengatakan kepada wartawan bahwa Moskow akan terus menekan tindakan di Ukraina.

Perang ini sebagian besar melambat menjadi kebuntuan selama bulan-bulan musim dingin, tetapi kedua belah pihak diharapkan bersiap-siap meluncurkan serangan pada musim semi.


 

 



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA


Hukum

KPK Geledah Kantor Setjen DPR

30 April 2024, 15:34 WIB

Close Ads x