Kompas TV internasional kompas dunia

Arab Saudi Berencana Bangun Kubus Raksasa, Bin Salman Disindir Ingin Bangun Ka'bah Baru

Kompas.tv - 18 Februari 2023, 19:26 WIB
arab-saudi-berencana-bangun-kubus-raksasa-bin-salman-disindir-ingin-bangun-ka-bah-baru
Ilustrasi. Mukaab, proyek kubus raksasa yang rencananya akan dibangun pemerintah Arab Saudi di Riyadh. (Sumber: Public Investment Fund Arab Saudi via Twitter)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

RIYADH, KOMPAS.TV - Pemerintah Arab Saudi berencana membangun sebuah kubus raksasa di tengah pusat kota Riyadh yang baru. Proyek ini diumumkan seiring gencarnya pembangunan gedung-gedung dan permukiman unik yang direncanakan Kerajaan Arab Saudi belakangan ini.

Akan tetapi, rencana pembangunan kubus raksasa ini juga menuai pro-kontra. Sejumlah kalangan menyebut desain kubus raksasa tersebut mirip Ka'bah, kiblat umat Islam.

Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman meluncurkan proyek kubus itu pada Kamis (16/2/2023) lalu. Melansir Middle East Eye, ia mengaku berencana mengembangkan "pusat kota modern terbesar sedunia di Riyadh."

Menurut pernyataan lembaga Public Investment Fund (PIF) Arab Saudi, proyek megah itu akan menghadirkan museum, universitas desain dan teknologi, gedung teater, serta lebih dari 80 pusat hiburan.

Baca Juga: Raja Salman Ubah Waktu Penggantian Kiswah Kakbah, dari Rutin 9 Zulhijah Kini Tiap 1 Muharam

Di tengah proyek pusat kota ambisius tersebut, Arab Saudi berencana menaruh "Mukaab" alias kubus raksasa. Bangunan ini rencananya akan memiliki ketinggian dan kelebaran 400 meter.

Dirangkai dari susunan struktur segitiga yang tumpang-tindih, proyek Mukaab disebut terinspirasi dari gaya arsitektur kawasan Najd, Arab Saudi.

PIF menyebut Mukaab akan menjadi "destinasi eksperensial, imersif pertama di dunia", lengkap dengan "teknologi digital dan virtual dengan holografi terkini."

"Makan malam bersama raksasa yang sopan. Jelajahi dunia sihir, atau tinggal di Mars," demikian keterangan dalam video promosional PIF.

Menurut PIF, Mukaab bakal dibangun di samping perempatan antara Jalan Raja Salman dan Jalan Raja Khalid, akan memuat 104.000 tempat tinggal, 9.000 kamar hotel, lebih dari 980.000 meter persegi area ritel, dan 1,4 juta meter persegi perkantoran.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x