Kompas TV internasional kompas dunia

Jalan Panjang Al-Zawahri, dari Dokter Muda di Klinik di Kairo Menjadi Pimpinan Al Qaida

Kompas.tv - 2 Agustus 2022, 08:13 WIB
jalan-panjang-al-zawahri-dari-dokter-muda-di-klinik-di-kairo-menjadi-pimpinan-al-qaida
Dalam file foto tahun 1998 ini, Ayman al-Zawahri, kiri, mendengarkan Osama bin Laden berbicara dalam konferensi pers di Khost, Afghanistan. Sebuah serangan udara AS pada akhir pekan lalu telah menewaskan pemimpin al-Qaida Ayman al-Zawahri di Afghanistan. (Sumber: AP Photo/Mazhar Ali Khan, File)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

KAIRO, KOMPAS.TV — Ayman al-Zawahri, pimpinan Al-Qaida yang tewas dalam serangan intelijen Amerika Serikat akhir pekan lalu, melintasi jalan panjang hingga sampai ke pucuk pimpinan organisasi musuh utama AS tersebut. 

Pintu jihad terbuka baginya ketika praktik sebagai dokter muda di sebuah klinik di Kairo, Mesir. Suatu hari, seorang pengunjung datang dengan tawaran menggiurkan: kesempatan untuk mengobati para pejuang Islam yang memerangi pasukan Soviet di Afghanistan.

Dengan tawaran itu pada tahun 1980, al-Zawahri memulai kehidupan yang membawanya ke puncak pimpinan Al-Qaida dalam waktu lebih dari tiga dekade. Dia menjadi pemimpin Al-Qaida setelah kematian Osama bin Laden.

Seperti dikutip dari The Associated Press, Al-Zawahri lahir pada 19 Juni 1951, dia terlahir sebagai putra dari keluarga dokter dan sarjana kelas menengah ke atas di pinggiran kota Kairo, Maadi. Ayahnya adalah seorang profesor farmakologi di sekolah kedokteran Universitas Kairo dan kakeknya, Rabia al-Zawahri, adalah imam besar Universitas Al-Azhar, pusat utama studi agama Islam.

Baca Juga: Umumkan Kematian Pemimpin Al-Qaida, Biden Harap Membawa Kelegaan bagi Keluarga Korban 9/11

Sejak usia dini, al-Zawahri telah dikobarkan oleh tulisan-tulisan radikal Sayed Qutb, seorang Islamis Mesir yang mengajarkan bahwa rezim-rezim Arab adalah “kafir” dan harus digantikan oleh pemerintahan Islam.

Pada 1970-an, saat ia memperoleh gelar medisnya sebagai ahli bedah, ia aktif di kalangan militan. Dia menggabungkan sel militannya sendiri dengan orang lain untuk membentuk kelompok Jihad Islam dan mulai mencoba menyusup ke militer — pada satu titik bahkan pernah menyimpan senjata di klinik pribadinya.

Ketika terjadi pembunuhan tahun 1981 terhadap Presiden Mesir Anwar Sadat oleh militan Jihad Islam, al-Zawahri telah mengetahui rencana pembunuhan beberapa jam sebelumnya. Namun pembunuhan itu dilakukan oleh sel yang berbeda dengan kelompoknya. Meskipun demikian, dia tetap ditangkap bersama dengan ratusan militan lainnya dan menjalani hukuman selama tiga tahun penjara.

Selama pemenjaraannya, dia dilaporkan disiksa dengan berat, sebuah faktor yang disebut beberapa orang, membuatnya lebih radikal.

Setelah dibebaskan pada tahun 1984, al-Zawahri kembali ke Afghanistan dan bergabung dengan militan Arab dari seluruh Timur Tengah berperang bersama Afghanistan melawan Soviet. Dia merayu bin Laden, yang menjadi tokoh heroik karena dukungan keuangannya kepada para mujahidin.

Al-Zawahri mengikuti bin Laden ke pangkalan barunya di Sudan, dan dari sana ia memimpin kelompok Jihad Islam yang dibentuk kembali kampanye pengeboman yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintah sekutu AS di Mesir.

Dalam serangan paling berani, jihadis dan gerilyawan lainnya mencoba membunuh Presiden Mesir Hosni Mubarak dalam kunjungan tahun 1995 ke Ethiopia. Mubarak lolos dari hujan tembakan yang ditujukan ke iring-iringan mobilnya, dan pasukan keamanannya menghancurkan gerakan militan di Mesir dalam tindakan keras berikutnya.

Gerakan di Mesir gagal. Tapi al-Zawahri akan membawa al-Qaida pada taktik yang diasah dalam Jihad Islam.

Dia mempromosikan penggunaan bom bunuh diri, untuk menjadi ciri khas al-Qaida. Dia merencanakan pemboman mobil bunuh diri tahun 1995 di kedutaan Mesir di Islamabad yang menewaskan 16 orang. 

Pada tahun 1996, Sudan mengusir Bin Laden, yang membawa para pejuangnya kembali ke Afghanistan, di mana mereka menemukan tempat yang aman di bawah rezim radikal Taliban. Sekali lagi, al-Zawahri mengikuti Bin Laden.

Dua tahun kemudian, ikatan mereka dimeteraikan ketika bin Laden, al-Zawahri dan para pemimpin militan lainnya mengeluarkan “Deklarasi Jihad melawan Yahudi dan Tentara Salib.” Ia mengumumkan bahwa Amerika Serikat adalah musuh utama Islam dan menginstruksikan umat Islam bahwa itu adalah tugas agama mereka untuk "membunuh orang Amerika dan sekutu mereka."



Sumber : The Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x