Kompas TV internasional kompas dunia

China Heboh, Panti Jompo Shanghai Kirim Lansia ke Kamar Mayat, Dikira Sudah Wafat Ternyata Hidup

Kompas.tv - 4 Mei 2022, 17:09 WIB
china-heboh-panti-jompo-shanghai-kirim-lansia-ke-kamar-mayat-dikira-sudah-wafat-ternyata-hidup
Seorang penghuni lansia sebuah panti jompo Shanghai secara keliru dibawa ke kamar mayat saat masih hidup, membuat seluruh China heboh, media pemerintah melaporkan seperti dikutip Straits Times, Rabu, (4/5/2022), (Sumber: Straits Times via What is on Weibo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

SHANGHAI, KOMPAS.TV - Seorang penghuni lansia sebuah panti jompo Shanghai secara keliru dibawa ke kamar mayat saat masih hidup, membuat seluruh China heboh, media pemerintah melaporkan seperti dikutip Straits Times, Rabu, (4/5/2022).

Kehebohan itu terjadi saat wabah Covid-19 di Shanghai dan lockdown berkepanjangan membuat fasilitas perawatan lanjut usia dan fasilitas medis di kota itu mencapai titik puncaknya.

Pemerintah kota Shanghai memastikan terjadinya insiden itu dan mengatakan telah meluncurkan penyelidikan, seperti dilaporkan media lokal.

Sementara panti jompo meminta maaf, kesalahan tersebut telah memicu kemarahan dan kecaman yang meluas di China, menurut diskusi di media sosial Weibo.

Empat orang kemudian diberhentikan dari posisi mereka, termasuk direktur panti jompo dan tiga pejabat dari biro urusan sipil distrik dan kantor pengembangan sosial, menurut China Central Television CCTV.

Direktur biro urusan sipil distrik sedang diselidiki lebih lanjut, sementara pemerintah kota mencabut izin dokter yang menangani dan membuka kasus keamanan publik terhadap individu tersebut.

Kesalahan itu terjadi ketika lockdown di Shanghai memasuki minggu kelima dan kasus infeksi baru Covid-19 tetap dalam ribuan setiap hari. 

Pembatasan ketat dan isolasi wajib dari semua kasus virus dan kontak dekat menciptakan malapetaka di kota berpenduduk 25 juta itu, di mana warga tidak dapat mengakses perawatan medis penting.

Baca Juga: Nenek Ini Tak Sengaja Bawa Brownies Ganja ke Acara Komunitas, Sejumlah Lansia Teler dan Keracunan

Sebagian besar dari lebih dari 400 kematian dalam gelombang terbaru adalah orang tua dengan komorbid atau kondisi medis yang sudah mereka derita sebelumnya, dengan laporan beberapa panti jompo tidak melaporkan kematian.

Meskipun masih belum jelas apakah orang tersebut terinfeksi Covid-19 atau sudah menjalani vaksinasi Covid-19, tingkat vaksinasi Covid-19 yang rendah di antara orang lanjut usia di China tetap menjadi kelemahan negara itu dalam perang melawan pandemi.

Di Shanghai, hanya 62 persen penduduk berusia di atas 60 tahun yang telah divaksinasi lengkap, dan hanya 15 persen penduduk berusia di atas 80 tahun yang menerima dua kali vaksinasi. Usia rata-rata kematian yang dilaporkan hari Minggu adalah 84, menurut pemerintah setempat.

"Ini pembunuhan," tulis seorang pengguna Weibo di antara sejumlah unggahan kemarahan lainnya. "Krisis kepercayaan di kota semakin parah."

Lansia yang disangka sudah wafat namun ternyata masih hidup itu sudah dikirim ke rumah sakit untuk perawatan dan tanda-tanda vitalnya dilaporkan stabil, media lokal melaporkan.

Biro Urusan Sipil di distrik Putuo tempat rumah jompo berada mengatakan akan menangani kecelakaan itu dengan serius dan mengungkapkan temuannya setelah penyelidikan selesai.

"Ini tidak ada hubungannya dengan epidemi atau segala jenis kelalaian dan tindakan tidak bertanggung jawab yang normal, ini adalah pengabaian tugas serius yang hampir menyebabkan kematian," Hu Xijin, mantan pemimpin redaksi Global yang didukung Partai Komunis, Surat kabar Global Times, yang juga seorang komentator berpengaruh, menulis di akun Weibo pribadinya.



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x