Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Pentas Puisi dan Pendalang Boneka di Bunker Perlindungan Ukraina, Pengobat Kewarasan untuk Bertahan

Kompas.tv - 17 April 2022, 19:04 WIB
pentas-puisi-dan-pendalang-boneka-di-bunker-perlindungan-ukraina-pengobat-kewarasan-untuk-bertahan
Penyair Serhiy Zhadan tampil di depan warga Ukraina yang berlindung di bawah tanah Kharkiv, berusaha mengalihkan perhatian mereka dari perang yang berkecamuk di atas. (Sumber: France24/Sergey Bobok via AFP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

KHARKIV, KOMPAS.TV - Di stasiun kereta bawah tanah yang berfungsi sebagai tempat perlindungan bom di Ukraina timur, dua dalang terkenal Ukraina mendalang dan mendongeng di depan sekelompok anak-anak yang tampak terpesona, seperti laporan France24, Minggu (17/4/2022).

Dengan tokoh boneka karikatur termasuk raja berkumis dan kawanan babi, dalang Oleksandra Shlykova dan dalang Anton Andriushchenko mendongengkan kisah tentang bagaimana "setiap Putri adalah berbeda", memikat anak-anak dan orang tua mereka.

Dongeng boneka ini mengalihkan perhatian mereka dari pemboman yang hampir terus-menerus menghujani kota Kharkiv di atas mereka, saat Rusia meningkatkan serangannya di Ukraina timur.

Dengan menggunakan sistem suara ponsel, pasangan ini memancing tawa dan napas terengah-engah dari penonton yang bertengger di tangga yang dilapisi karton, sebuah auditorium yang diimprovisasi untuk mencegah dingin dan lembab meresap ke dalam tulang mereka.

"Pertunjukan langsung selalu merupakan pancaran perasaan yang hadir di sini dan saat ini," kata Shlykova, 47 tahun, setelah mengakhiri pertunjukan dengan membungkuk dan mengundang anak-anak untuk bermain dengan boneka.

"Kami bertukar perasaan dan itu mengangkat semangat kami. Sulit untuk menggambarkannya, Anda harus merasakannya."

Baca Juga: Pengungsi dari Ukraina dan Rusia Menikah di Meksiko

Anak-anak menonton dalang Oleksandra Shlykova (kiri) saat ia tampil di stasiun metro Kharkiv, Ukraina timur, pada 16 April 2022. (Sumber: AFP/Maryke Vermaak)

Jauh di bawah tanah, stasiun metro Kharkiv sekarang menjadi rumah bagi penduduk kota metropolitan timur yang takut akan pertempuran yang berkecamuk di atas.

Sejak mundur dari serangan di utara untuk merebut ibu kota Kiev, Kremlin meningkatkan serangan di sisi timur Ukraina, termasuk Kharkiv yang hanya berjarak 21 km dari perbatasan Rusia.

Pada Jumat (15/4/2022), penembakan di daerah pemukiman kota Kharkiv menewaskan 10 orang. Pada Sabtu (16/4/2022), serangan merenggut dua nyawa tambahan.

Jalan setapak di stasiun metro sekarang dilapisi dengan tempat tidur dan gundukan barang-barang. Gerbong kereta bawah tanah diubah menjadi rumah darurat.

Perlengkapan mandi berjajar di jendela kereta dan penduduk membuka pintu geser untuk mengakses ruang mereka. Jalan utama beraroma sup yang memenuhi ruang bagi mereka yang tinggal di sini.



Sumber : Kompas TV/France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x