Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

PBB Ungkap 3,7 Juta Warga Ukraina Mengungsi ke Negara Tetangga Sejak Serbuan Rusia

Kompas.tv - 26 Maret 2022, 01:05 WIB
pbb-ungkap-3-7-juta-warga-ukraina-mengungsi-ke-negara-tetangga-sejak-serbuan-rusia
Penjaga perbatasan membantu pengungsi dari Ukraina di perbatasan Korczowa, Polandia, Sabtu, (26/2/2022). UNHCR mengatakan hingga saat ini sudah 3,7 juta orang warga Ukraina menyelamatkan diri ke negara tetangga sejak penyerbuan Rusia satu bulan lalu. (Sumber: AP Photo/Czarek Sokolowski)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JENEWA, KOMPAS.TV - Badan Pengungsi PBB (UNHCR) mengatakan, hingga saat ini sudah 3,7 juta orang warga Ukraina menyelamatkan diri ke negara tetangga sejak penyerbuan Rusia satu bulan lalu.

Menurut perhitungan rinci UNHCR, seperti dilaporkan Straits Times, Jumat (25/3/2022), sebanyak 3.725.806 warga Ukraina mengungsi lintas perbatasan, meningkat 50.854 dari angka pada hari sebelumnya.

Sekitar 90 persen dari mereka adalah perempuan dan anak-anak, tambah pernyataan tersebut.

Dari angka 3,7 juta, sekitar 2,2 juta orang mengungsi ke negara tetangga Polandia, sementara lebih dari setengah juta mengungsi ke Rumania, dan sekitar 20.000 mengungsi ke Rusia.

Sebelum krisis dipicu sebulan lalu, anggota Polandia adalah rumah bagi sekitar 1,5 juta orang Ukraina.

Secara total, lebih dari 10 juta orang, atau lebih dari seperempat populasi di daerah-daerah di bawah kendali pemerintah sebelum invasi 24 Februari, sekarang diperkirakan meninggalkan rumah mereka, termasuk hampir 6,5 juta orang yang menjadi pengungsi di dalam negeri Ukraina.

Baca Juga: Biden: AS Akan Terima Hingga 100.000 Pengungsi Ukraina

Pengungsi Ukraina menunggu transportasi di perbatasan di Medyka, Polandia. UNHCR mengatakan hingga saat ini sudah 3,7 juta orang warga Ukraina menyelamatkan diri ke negara tetangga sejak penyerbuan Rusia satu bulan lalu. (Sumber: AP Photo / Marcus Schreiber)

Krisis pengungsi Ukraina adalah yang terburuk di Eropa sejak Perang Dunia II.

Sementara Badan Anak-Anak PBB (UNICEF) mengatakan, sebanyak 4,3 juta anak, setengah dari perkiraan 7,5 juta populasi anak di Ukraina, terpaksa meninggalkan rumah mereka.

Jumlah itu mencapai sekitar 1,5 juta anak-anak yang menjadi pengungsi, sementara 2,5 juta lainnya mengungsi di dalam negara mereka yang dilanda perang, kata pernyataan UNICEF.

UNHCR menghitung, sejak hari Selasa (23/3/2022) jumlah yang pergi setiap hari turun di bawah 100.000. Penyebabnya, menurut UNHCR, karena bergerak untuk mengungsi sudah terlalu berbahaya bahkan saat kehidupan di Ukraina memburuk.

Angka tersebut belum termasuk warga negara tetangga yang meninggalkan Ukraina untuk kembali ke negara masing-masing.

Berikut adalah rincian negara-negara tetangga yang menjadi tujuan pengungsi Ukraina pada akhir Kamis. Angka Rusia terkait dengan berakhirnya Selasa:



Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x