Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Selain Wartawan Senior, Seorang Jurnalis Perempuan dari Fox News Juga Tewas di Ukraina

Kompas.tv - 16 Maret 2022, 06:00 WIB
selain-wartawan-senior-seorang-jurnalis-perempuan-dari-fox-news-juga-tewas-di-ukraina
Pierre Zakrzewski mengambil swafoto bersama koleganya, koresponden Steve Harrigan dan produser senior Yonat Friling, saat bertugas di Kiev, Ukraina. Zakrzewski meninggal dunia di Ukraina pada Senin (14/3/2022). (Sumber: Pierre Zakrzewski/Fox News via Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

NEW YORK, KOMPAS.TV - Seorang videografer veteran dan jurnalis perempuan berusia 24 tahun yang bekerja untuk Fox News, tewas ketika kendaraan mereka diserang di luar kota Kiev, Ukraina. Berita duka ini dikonfirmasi Fox News pada Selasa (15/3/2022).

Pierre Zakrzewski, 55, dan Oleksandra 'Sasha' Kuvshynova saat itu sedang melakukan perjalanan dengan seorang reporter Fox News lainnya, Benjamin Hall.

Hall selamat dari kejadian maut tersebut, namun kini masih dirawat di rumah sakit.

“Hari ini adalah hari yang memilukan bagi Fox News Media dan bagi semua jurnalis yang mempertaruhkan hidup mereka untuk menyampaikan berita,” ujar CEO Fox News, Suzanne Scott, seperti dikutip dari The Associated Press.

Baca Juga: Jurnalis Senior Fox News Tewas Tertembak Tentara Rusia di Ukraina

Zakrzewski merupakan seorang warga negara Irlandia yang tinggal di London. Sebelumnya dia telah memiliki pengalaman panjang dalam liputan perang di Irak, Afghanistan dan Suriah.

Dia memenangkan penghargaan 'pahlawan tanpa tanda jasa' yang diberikan secara internal di Fox News, karena memainkan peran kunci tahun lalu ketika menyelamatkan pekerja lepas Fox News dan keluarga mereka dari Afghanistan. Dia telah bekerja di Ukraina sejak Februari lalu.

"Dia adalah Pria yang sangat baik," tweet reporter keamanan nasional Fox News, Jennifer Griffin.

Sedangkan Kuvshynova merupakan warga negara Ukraina. Dia berperan untuk membantu menavigasi kru Fox News dalam peliputan di Kiev.

Ia bertugas untuk mengumpulkan informasi dan menghubungkan jurnalis Fox News dengan narasumber di Ukraina. Profesi ini di kalangan dunia jurnalistik dikenal dengan sebutan fixer

"Beberapa koresponden dan produser kami menghabiskan hari-hari yang panjang dengannya untuk melaporkan berita dan mengenalnya secara pribadi. Mereka menggambarkannya sebagai pekerja keras, lucu, baik hati, dan pemberani," tulis Scott.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x