Kompas TV internasional kompas dunia

Serangan Rudal Israel ke Suriah Tewaskan Satu Tentara

Kompas.tv - 9 Februari 2022, 18:24 WIB
serangan-rudal-israel-ke-suriah-tewaskan-satu-tentara
Kobaran api hasil serangan rudal Israel ke pelabuhan Latakia, Suriah pada Selasa (7/12/2021). Pada 9 Februari 2022, Israel kembali mengirim serangan rudal ke wilayah pemerintah Suriah. (Sumber: SANA via Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

DAMASKUS, KOMPAS.TV - Militer Israel menembakkan rudal ke wilayah sekitar ibu kota Suriah, Damaskus pada Rabu (9/2/2022). Menurut kantor berita Suriah SANA, satu tentara tewas dan lima lainnya terluka akibat serangan ini.

Angkatan Bersenjata Israel mengaku menargetkan fasilitas-fasilitas yang digunakan Suriah untuk menyerang pesawat mereka. 

Sebelumnya, Israel menyebut sebuah roket antipesawat ditembakkan lebih dulu ke wilayah utara Israel. Tidak ada korban manusia atau kerusakan yang dilaporkan akibat roket tersebut.

Baca Juga: Turki Perbaiki Hubungan Diplomatik dengan Israel, Presiden Israel Langsung Datang Pertengahan Maret

Israel menyatakan bahwa roket Suriah meledak di udara dan tak berhasil dicegat sistem pertahanan udara. Namun, serangan itu mengaktifkan sirene peringatan di utara Israel.

Israel mengakui serangan pada Rabu (9/2). SANA melaporkan bahwa selain merenggut korban manusia, rudal Israel juga menimbulkan kerusakan material.

Israel sendiri dilaporkan telah mengirim ratusan serangan ke wilayah yang dikontrol pemerintah Suriah sedekade terakhir. Namun, Tel Aviv jarang mengakui atau mendiskusikannya.

Israel hanya mengakui serangan dalam beberapa kesempatan jika targetnya diklaim sebagai fasilitas kelompok milisi pro-Iran. Milisi seperti Hizbullah diketahui menjadi aliansi pemerintah Bashar Al-Assad selama perang saudara Suriah.

Baca Juga: Presiden AS Joe Biden Umumkan Sukses Operasi di Suriah, Tewaskan Pemimpin ISIS Pengganti al-Baghdadi
 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x