Kompas TV internasional kompas dunia

Jadi Rebutan untuk Bentuk Koalisi, Dua Partai Jerman Adakan Pertemuan

Kompas.tv - 29 September 2021, 21:08 WIB
jadi-rebutan-untuk-bentuk-koalisi-dua-partai-jerman-adakan-pertemuan
Dua petinggi FDP dan Partai Hijau Jerman, Robert Habeck dan Annalena Baerbock dalam konferensi pers di Berlin, Senin (27/9/2021). (Sumber: John MacDougall/AFP Pool via Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

BERLIN, KOMPAS.TV - Dua pemimpin partai yang meraih suara terbesar ketiga dan keempat di Pemilu Jerman menggelar pertemuan pada Rabu (29/9/2021). Dua partai ini, Partai Hijau dan Demokrat Bebas (FDP), memegang posisi kunci untuk menentukan kanselir pengganti Angela Merkel.

Pasalnya, Pemilu Jerman pada September hanya menghasilkan kemenangan tipis bagi Partai Sosial Demokrat (SPD). Partai yang mengusung Olaf Scholz sebagai kandidat kanselir itu hanya berselisih 1,6 persen suara dengan aliansi Union, gabungan Persatuan Demokrat Kristen (CDU) dan Persatuan Sosial Kristen (CSU) yang sebelumnya menguasai parlemen.

Hasil tersebut membuat kontribusi Partai Hijau dan FDP dibutuhkan untuk membentuk pemerintahan mayoritas. Siapa pun yang menerima aliansi dua partai ini akan berhak menentukan kanselir penerus Angela Merkel.

Baca Juga: Kandidat Kanselir Partai Pemenang Pemilu Jerman Akan Berupaya Koalisi dengan Partai Hijau dan FDP

Dua partai tersebut akhirnya memutuskan saling berembuk terlebih dulu sebelum menyambut tawaran koalisi.

Partai Hijau dan FDP sendiri dikenal memiliki haluan yang saling berlawanan. Meskipun bersepakat pada sejumlah isu, mereka memiliki pandangan dan pendekatan berbeda terhadap berbagai isu termasuk ekonomi dan krisis iklim.

Beberapa dekade belakangan, Partai Hijau cenderung dekat dengan SDP yang menang pemilu. Sedangkan FDP cenderung dekat dengan blok Union yang membawa Merkel berkuasa selama 16 tahun.

Pada Rabu (29/9), dua pemimpin partai itu, yakni Annalena Baerbock (Partai Hijau) dan Christian Lindner (FDP) mengunggah foto mereka di media sosial Instagram.

“Dalam rangka mencari pemerintahan baru, kami mencari satu sikap dan berupaya menjembatani hal-hal yang memisahkan kami—dan bahkan menemukan sejumlah perbedaan baru. Masa yang menarik,” tulis Baerbock di Instagram-nya.

Kedua partai dilaporkan akan menggelar pertemuan lebih besar pada Jumat (1/10) mendatang.

FDP sendiri disebut telah menyetuji undangan pertemuan dengan aliansi Union pada Sabtu (2/10), kemudian baru bertemu SDP pada Minggu (3/10).

Dua partai ini meraih total lebih dari 15 persen suara pada pemilu. Untuk itu, mereka mutlak dibutuhkan untuk membentuk koalisi.

Tanpa Partai Hijau dan FDP, satu-satunya cara membentuk pemerintahan mayoritas adalah koalisi antara SDP dengan blok Union. Namun, dua partai politik terbesar ini mengaku enggan melakukannya.

Baca Juga: Jerman Gelar Pemilu Hari Ini, Partai Angela Merkel Ketar-Ketir

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x