Kompas TV internasional kompas dunia

Kandidat Kanselir Partai Pemenang Pemilu Jerman Akan Berupaya Koalisi dengan Partai Hijau dan FDP

Senin, 27 September 2021 | 22:42 WIB
kandidat-kanselir-partai-pemenang-pemilu-jerman-akan-berupaya-koalisi-dengan-partai-hijau-dan-fdp
Kandidat kanselir Partai Sosial Demokrat, Olaf Scholz, berniat membangun koalisi dengan Partai Hijau dan Demokrat Bebas liberal (FDP), dan mengirim kubu konservatif pimpinan Angela Merkel menjadi oposisi setelah 16 tahun berkuasa. (Sumber: Straits Times via AFP)

BERLIN, KOMPAS.TV - Partai Sosial Demokrat Jerman (SPD) akan memulai proses aliansi tiga partai, serta berambisi memimpin pemerintahan untuk pertama kali sejak tahun 2005, menyusul kemenangan tipis mereka dalam pemilu parlemen nasional hari Minggu kemarin, seperti dilansir Straits Times, mengutip Reuters, Senin (27/09/2021).

Kandidat kanselir Partai Sosial Demokrat Olaf Scholz mengatakan, dia akan membangun pemerintah koalisi dengan Partai Hijau dan Partai Demokrat Bebas yang beraliran liberal (FDP), dan mengirim kubu konservatif CDU-CSU pimpinan Angela Merkel menjadi oposisi setelah 16 tahun berkuasa.

"Apa yang Anda lihat di sini adalah SPD yang sangat bahagia," kata Scholz, 63 tahun, kepada pendukungnya yang bersorak sorai di markas partainya di Berlin, sambil memegang seikat bunga merah dan putih.

"Para pemilih sudah berbicara dengan sangat jelas ... Mereka (para pemilih) memperkuat tiga partai, Sosial Demokrat, Hijau dan FDP, dan itu adalah mandat yang jelas yang diberikan warga negara, bahwa ketiganya harus membentuk pemerintahan berikutnya."

SPD meraih 25,7 persen suara, kubu konservatif CDU/CSU pimpinan Angela Merkel 24,1 persen suara, Partai Hijau 14,8 persen dan FDP di 11,5 persen suara.

Kemenangan tipis SPD menandai kebangkitan sementara partai-partai kiri-tengah di beberapa bagian Eropa, setelah terpilihnya Joe Biden dari Partai Demokrat sebagai Presiden Amerika Serikat tahun 2020. Partai oposisi kiri-tengah Norwegia juga memenangkan pemilu awal bulan ini.

Baca Juga: Partai Angela Merkel Kalah Tipis, Hasil Pemilu Jerman Tak Janjikan Pemerintahan Solid

Kubu konservatif didukung petahana PM Angela Merkel bersaing sengit dengan kubu Sosial Demokrat kiri-tengah untuk meraih mayoritas parlemen dalam pemilu Jerman September ini. (Sumber: Straits Times via AFP)

Scholz, menteri keuangan dalam "koalisi besar" pemerintahan Angela Merkel, berharap koalisi bisa disepakati sebelum Natal.

Tetapi saingannya dari kubu Kristen Demokrat, Armin Laschet, mengatakan dia masih bisa mencoba membentuk pemerintahan meskipun memberikan hasil pemilu terburuk bagi kubu konservatif.

Angela Merkel yang tidak mencalonkan diri untuk masa jabatan kelima sebagai kanselir, akan tetap berperan sebagai kanselir selama negosiasi pembentukan koalisi pemerintahan baru, yang akan menentukan arah masa depan ekonomi terbesar Eropa itu.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV/Straits Times/Reuters



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:53
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19