Kompas TV internasional kompas dunia

Inilah Sosok Kathy Hochul, Gubernur Negara Bagian New York Perempuan Pertama Pengganti Cuomo

Kompas.tv - 11 Agustus 2021, 10:34 WIB
inilah-sosok-kathy-hochul-gubernur-negara-bagian-new-york-perempuan-pertama-pengganti-cuomo
Letnan Gubernur New York Kathy Hochul saat berbicara dalam seremoni pemotongan pita di Brox, New York, Amerika Serikat (AS), 4 Mei 2021. (Sumber: AP Photo/Seth Wenig, File)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

BUFFALO, KOMPAS.TV – Seiring pengunduran diri Gubernur Andrew Cuomo akibat skandal pelecehan seksual, Letnan Gubernur New York, Kathy Hochul akan menggantikan kepemimpinannya. Hochul akan menjadi gubernur perempuan pertama di negara bagian Amerika Serikat (AS) itu setelah pengunduran Cuomo berlaku efektif dalam dua pekan ke dapan.

“Sebagai seseorang yang pernah bertugas di semua tingkat pemerintahan dan berada dalam garis suksesi selanjutnya, saya siap memimpin sebagai Gubernur Negara Bagian New York ke-57,” tutur Hochul dalam sebuah pernyataan, Selasa (10/8/2021) seperti dilansir dari Associated Press.

Baca Juga: Skandal Pelecehan Seksual, Gubernur New York Andrew Cuomo Akhirnya Mundur

Sebagai kader Demokrat dari New York barat, Hochul telah bekerja di bawah bayang-bayang Cuomo selama dua masa jabatan. Namun pekan lalu, Hochul bergabung dengan para politisi yang mengecam Cuomo setelah investigasi independen menyimpulkan bahwa ia terbukti melakukan pelecehan seksual terhadap 11 perempuan selama menjabat.

“Saya percaya pada para perempuan pemberani ini,” tulis Hochul. Dalam pernyataannya, Hochul menyebut perilaku Cuomo dengan “menjijikkan dan melanggar hukum”.

Saat Cuomo mengumumkan keputusannya untuk mundur, Hochul menyebutnya sebagai “hal tepat yang dilakukan dan demi kepentingan terbaik warga New York.”

Bagi banyak warga New York, Hochul terbilang sosok yang masih asing. Hochul menjabat sejak 2015 dalam pekerjaan yang kebanyakan bersifat seremonial.

Ini berkebalikan dengan penampilan Cuomo yang sangat menyita perhatian. Cuomo melakukan kebanyakan urusannya di Albanu dan New York City, dan pengarahan hariannya seputar Covid-19 merupakan acara nasional pada puncak pandemi Covid-19 setahun lalu.

Baca Juga: Gubernur New York Andrew Cuomo Terbukti Lecehkan Banyak Perempuan

Hochul belum menjadi bagian lingkaran dalam pembantu dan sekutu Cuomo. Namanya bahkan tak disebut dalam laporan investigasi yang dirilis oleh Jaksa Agung Letitia James. Laporan itu merinci tak cuma tuduhan pelecehan seksual terhadap Cuomo, tapi juga upaya para staf Cuomo mendiskreditkan beberapa penuduhnya.  

Latar Belakang Kathy Hochul



Sumber : Associated Press/Times Union


BERITA LAINNYA



Close Ads x