Kompas TV internasional kompas dunia

Gubernur New York Andrew Cuomo Terbukti Lecehkan Banyak Perempuan

Rabu, 4 Agustus 2021 | 02:00 WIB
gubernur-new-york-andrew-cuomo-terbukti-lecehkan-banyak-perempuan
Gubernur New York Andrew Cuomo saat berbicara dalam konferensi pers di Stadion Yankee, New York, Amerika Serikat, Senin (26/7/2021). (Sumber: AP Photo/Richard Drew, File)

NEW YORK, KOMPAS.TV – Penyelidikan menemukan bahwa Gubernur New York Andrew Cuomo melakukan pelecehan seksual terhadap sejumlah perempuan di dalam dan di luar pemerintah negara bagian.

Ia juga terbukti mengupayakan pembalasan terhadap salah seorang penuduhnya. Temuan yang diumumkan jaksa agung New York pada Selasa (3/8/2021) itu jelas akan membuat seruan pengunduran diri atau pemakzulan kader Demokrat itu makin menguat.

Melansir Associated Press, penyelidikan yang berjalan selama hampir 5 bulan itu dilakukan oleh dua pengacara luar yang berbicara pada 179 orang.

Keduanya menemukan bahwa pemerintahan Cuomo merupakan “lingkungan kerja yang jahat” dan “penuh dengan ketakutan dan intimidasi”.

Mereka yang diwawancarai termasuk sejumlah orang yang mengadukannya, anggota dan mantan anggota dewan eksekutif, polisi negara bagian, pegawai negara bagian tambahan dan sejumlah orang lainnya yang biasa berinteraksi dengan sang gubernur.

Baca Juga: Gubernur New York Tersandung Kasus, Asistennya Mengaku Alami Pelecehan Seksual

“Wawancara dan potongan bukti ini mengungkapkan gambaran yang sangat mengganggu namun jelas: Gubernur Cuomo melakukan pelecehan seksual terhadap para pegawai negara bagian, dulu dan kini, dalam pelanggaran hukum federal dan negara bagian,” tutur Jaksa Agung New York Letitia James dalam konferensi pers pada Selasa (3/8/2021).

Jaksa Agung New York Letitia James saat menyampaikan laporan tentang penyelidikan terhadap kasus pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh Gubernur Andrew Cuomo di New York, Amerika Serikat, Selasa (3/8/2021). (Sumber: Courtesy NY State Attorney General via AP)

Menurut James, penyelidikannya telah selesai. Tak ada rujukan ke jaksa penuntut pidana, meskipun hal itu tak menghalangi otoritas setempat untuk menggunakan bukti dan temuan laporan untuk mengajukan kasus mereka sendiri.

Pada sedikitnya satu kesempatan, menurut penyelidikan itu, Cuomo dan staf seniornya bekerja untuk membalas seorang mantan pegawai yang menuduhnya telah melecehkannya.

Cuomo juga telah melecehkan sejumlah perempuan di luar pemerintahan.

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:56
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19