Kompas TV feature news or hoax

Hoax Vaksin Covid-19 Merubah Warna Ais Susu Ibu - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 12 Oktober 2022, 10:54 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar narasi yang menyatakan vaksin Covid-19 dapat membuat Air Susu Ibu berubah warna. Tertulis narasi, mereka menyatakan ibu hamil atau sedang menyusui yang positif Covid-19 akan berdampak pada ASI mereka. ASI jadi berwarna biru hijau dan warna asi tersebut akan menempel pada lidah bayi mereka.

Namun setelah dicek kebenaran mengenai informasi tersebut, info yang beredar adalah tidak benar atau hoaks.

Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK02.02/11/368 Tahun 2021 tentang pelaksanaan vaksin, telah disebutkan vaksin dapat diberikan kepada ibu menyusui. Bahkan, pada ibu yang positif Covid-19, vaksin tidak berpengaruh pada produksi ASI.

Dilansir dari USA Today 16 Februari 2022, ditemukan narasi keliru yang mengklaim bahwa reaksi antibodi terhadap Covid-19 yang dapat membuat ASI berubah warna. Direktur medis pencegahan infeksi di Universitas Yale Richard Martinello menyatakan narasi tersebut adalah tidak mendasar.

Menurut Martinello, makanan seperti Bayam, Gatorade, Dan Multivitamin dapat memberi warna hijau pada ASI. Faktor lain berkontribusi terhadap perubahan warna ASI yang paling umum adalah makanan yang dikonsumsi ibu hamil atau ibu menyusui.

Jadi, narasi yang menyatakan warna ASI akan berubah setelah vaksin Covid-19 adalah informasi tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x