Kompas TV entertainment musik

Sejarah Hari Musik Sedunia 2022 dan Link Twibbon untuk Merayakannya

Kompas.tv - 21 Juni 2022, 13:45 WIB
sejarah-hari-musik-sedunia-2022-dan-link-twibbon-untuk-merayakannya
Hari Musik Sedunia 2022 jatuh pada Selasa (21/6/2022) untuk mengakui dan menghormati musisi dan seniman muda atas kontribusi mereka terhadap industri musik. (Sumber: freepik)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - The Fête de la Musique (World Music Day) atau Hari Musik Sedunia diperingati setiap tanggal 21 Juni untuk mengakui dan menghormati musisi dan seniman muda atas kontribusi mereka terhadap industri musik.

Hari Musik Sedunia 2022 jatuh pada Selasa (21/6/2022). Musik memang merupakan salah satu hal yang sangat umum dalam masyarakat dunia.

Mengutip Medical News Today, musik memiliki efek yang kuat pada pikiran dapat membantu seseorang mengalami dan memproses berbagai emosi, dari kebahagiaan hingga kegembiraan, serta kesedihan, dan ketenangan.

Musik telah ada di kehidupan manusia sejak puluhan ribu tahun yang lalu. Hal itu dibuktikan dengan para peneliti yang menemukan instrumen yang berusia 40.000 tahun.


Penggunaan musik untuk terapi dan penyembuhan berasal dari Yunani Kuno, tetapi penggunaan terapeutiknya hari ini dimulai pada abad ke-20.

Baca Juga: Mendunia, Ini Profil Nasida Ria, Grup Kasidah Asal Semarang yang Konser di Jerman

Oleh karena itu, musik saat ini bukan sekadar digunakan untuk hiburan semata melainkan juga terapi kesehatan mental.

Sejarah Hari Musik Sedunia

Melansir News18, konsep Hari Musik Dunia berasal dari Perancis dan disebut 'Fête de la Musique' yang berarti festival musik.

Festival tersebut dicetuskan oleh Maurice Fleuret dan Jack Lange yang menjabat sebagai Direktur Musik dan Budaya di Perancis. Ia melihat kebiasaan budaya Prancis dan bagaimana musik memengaruhi mereka.

Pada tahun 1982, ia memulai Fête de la Musique di Paris bersama dengan Jack Lange. Mereka membuat rencana bersama dengan arsitek-scenographer Christian Dupavillon untuk mengumpulkan musisi amatir dan profesional di jalanan.

Sejak itu, festival ini menjadi fenomena internasional, dirayakan pada hari yang sama di lebih dari 700 kota di 120 negara, termasuk India, Jerman, Italia, Yunani, Rusia, Australia, Peru, Brasil, Ekuador, Meksiko, Kanada, Amerika Serikat. 

Baca Juga: Cerita 9 Maret Jadi Hari Musik Nasional dan Kelahiran WR Supratman




Sumber : Kompas TV, Medical News Today, News18


BERITA LAINNYA



Close Ads x