Kompas TV nasional peristiwa

Cerita 9 Maret Jadi Hari Musik Nasional dan Kelahiran WR Supratman

Selasa, 9 Maret 2021 | 05:10 WIB
cerita-9-maret-jadi-hari-musik-nasional-dan-kelahiran-wr-supratman
Patung WR Supratman (Sumber:Kompas.com-)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Setiap tanggal 9 Maret, para musisi Indonesia akan mengenang sebagai Hari Musik Nasional. Ketetapan Hari Musik itu berdasarkan Keppres No. 10 Tahun 2013 di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 


Demi merayakan Hari Musik Nasional, sekelompok musisi yang tergabung dalam Silverian 86  akan menggelar  pertunjukan Big Bang Indonesia yang  dapat disaksikan masyarakat di kanal YouTube bernama Big Bang Ina pada 9 Maret 2021 pukul 09.00 WIB. Big Bang adalah kependekan dari "Bikin Gede Indonesia“.

"Lewat ide Bikin Gede Bangsa Indonesia, kami ingin membuat bangsa ini besar dengan musik," ujar Dewan Pembina Komunitas Silverian 86 yang juga musisi dari Band beraliran Progresif Rock "Discus" Fadhil Permana seperti dikutip Antara, Minggu (7/3/2021).

Baca Juga: Wali Kota Solo Gibran Pakai Baju Indonesia Raya Kunjungi Pasar

Sambutan pun datang dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. "Saya memberikan apresiasi dan dukungan penuh untuk program Big Bang Indonesia. Jadikan Indonesia sebagai inspirasi dalam berkarya," ujar Sandi.


Penetapan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional diambil dari tanggal lahir Wage Rudolf Supratman, sang komponis pencipta lagu kebangsaan "Indonesia Raya". WR Supratman lahir di 9 Maret 1903. Namun tanggal lahir tersebut rupanya menimbulkan perdebatan. Di beberapa catatan, tanggal tersebut disematkan kepada WR Supratman, termasuk laman wikipedia.  

Namun, di laman museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id dan laman Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, disebutkan bahwa WR Supratman lahir di Dusun Trembelang Desa Somongari Kecamatan Kaligesing Purworejo, Jawa Tengah tanggal 19 Maret 1903.

Penulis : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:24
GUNAKAN MYPERTAMINA DAPATKAN POIN GANDA UNTUK PEMBELIAN PERTAMAX SERIES, PERTAMINA DEX TGL 19-20 APRIL 2021   PRESIDEN PERANCIS DAN PM INGGRIS MENENTANG LIGA SUPER EROPA YANG DIPROYEKSIKAN PENGGANTI LIGA CHAMPIONS MILIK UEFA   HONG KONG TANGGUHKAN PENERBANGAN DARI INDIA, PAKISTAN, DAN FILIPINA AKIBAT COVID-19   KPU SIAP JALANKAN PUTUSAN MK SOAL PERKARA PERSELISIHAN HASIL PEMILIHAN (PHP) KABUPATEN SABU RAIJUA, NTT   DPR MINTA PEMERINTAH PERBAIKI BENDUNGAN KAMBANIRU DI SUMBA TIMUR, NTT, YANG RUSAK AKIBAT SIKLON SEROJA   KAPOLDA PAPUA: KKB DIDUGA MELAKUKAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK-ANAK   POLDA SUMATERA UTARA LAKUKAN PENYEKATAN DI PERBATASAN ANTISIPASI PEMUDIK   BANDARA RAJA HAJI FISABILILLAH TANJUNGPINANG, KEPULAUAN RIAU, LAYANI TES COVID-19 GENOSE   DISDIK KOTA MALANG: 85% SEKOLAH DI KOTA MALANG MULAI PEMBELAJARAN TATAP MUKA   SELURUH AKTIVITAS DI SMAN 1 GONDANG, SRAGEN, DIHENTIKAN SELAMA 14 HARI SETELAH 3 GURU MENINGGAL AKIBAT COVID-19   POLDA METRO JAYA PERIKSA 6 SAKSI ATAS KASUS PENGEROYOKAN ANGGOTA TNI-POLRI DI KEBAYORAN BARU, JAKSEL   TOL LAYANG JAPEK YANG BERGANTI NAMA JADI MOHAMMED BIN ZAYED (MBS) DITUTUP SEMENTARA SAAT LARANGAN MUDIK BERLAKU   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN SEBUT PARTISIPASI WARGA LANSIA DALAM VAKSINASI COVID-19 RENDAH KARENA BANYAK YANG TAKUT   POLISI AKAN GELAR OLAH TKP SELIDIKI SEBAB KEBAKARAN DI TAMANSARI, JAKARTA BARAT