Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jelang Pemilu, KAI Tingkatkan Pengamanan agar Tak Ada Bentrok Pendukung di Kereta hingga Stasiun

Kompas.tv - 13 Februari 2024, 05:00 WIB
jelang-pemilu-kai-tingkatkan-pengamanan-agar-tak-ada-bentrok-pendukung-di-kereta-hingga-stasiun
Menjelang masa pemungutan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengintensifkan upaya pengamanan di area perkeretaapian. (Sumber: KAI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menjelang masa pemungutan atau pemilihan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengintensifkan upaya pengamanan di area perkeretaapian. 

Langkah-langkah keamanan ini diimplementasikan guna memastikan keselamatan pelanggan, serta kelancaran operasional kereta api menjelang periode pemungutan suara pada Pemilu 2024

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, KAI secara aktif bekerja sama dengan TNI/Polri untuk meningkatkan pengawasan dan optimalisasi pengamanan di kereta api, stasiun-stasiun, serta jalur kereta api dan perlintasan sebidang.  

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Sebut Kenaikan Harga Beras Terjadi di Seluruh Dunia

"Untuk pengamanan di kereta api, petugas memastikan bahwa penumpang tidak terganggu kenyamanannya oleh penumpang lain. KAI juga melakukan antisipasi potensi bentrok antar pendukung yang bersamaan naik kereta api," kata Joni dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Senin (12/2/2024). 

Adapun pengamanan di stasiun-stasiun, KAI melakukan antisipasi jika dijadikan titik kumpul pemberangkatan pendukung peserta pemilu.

Antisipasi juga dilakukan untuk vandalisme terhadap stasiun dan Kereta Api

“Pelaksanaan pengamanan di stasiun dilakukan sesuai SOP serta menggunakan metal detector dan inspector mirror di stasiun-stasiun tertentu,” ujarnya. 

Sementara optimalisasi pengamanan jalur kereta api dilakukan dengan melakukan patroli mobile sepanjang lintas jalur KA.

Baca Juga: Stasiun Tugu Yogyakarta Direnovasi, Ada Penyesuaian Akses Penumpang



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x