Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jokowi Saksikan Penandatanganan Perjanjian Divestasi Vale, Indonesia Jadi Pemegang Saham Terbesar

Kompas.tv - 19 November 2023, 04:35 WIB
jokowi-saksikan-penandatanganan-perjanjian-divestasi-vale-indonesia-jadi-pemegang-saham-terbesar
Presiden Joko Widodo menyambut baik peningkatan saham MIND ID pada PT Vale Indonesia Tbk sebesar 14 persen. Hal itu ia sampaikan dalam pertemuan dengan menggelar pertemuan dengan CEO Vale Base Metal, Deshnee Naido, di Hotel Four Season, San Francisco, Amerika Serikat, pada Jumat (17/1/2023). (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

SAN FRANCISCO, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo menyambut baik peningkatan saham MIND ID pada PT Vale Indonesia Tbk sebesar 14 persen.

Hal itu ia sampaikan dalam pertemuan dengan menggelar pertemuan dengan CEO Vale Base Metal, Deshnee Naido, di Hotel Four Season, San Francisco, Amerika Serikat, pada Jumat (17/1/2023).

Dalam pertemuan itu, Jokowi juga turut menyaksikan penandatanganan perjanjian induk antara MIND ID dengan Vale Canada dan Sumitomo Metal Mining Co. Ltd mengenai divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk.

“Divestasi ini akan menjadikan MIND ID sebagai pemegang saham terbesar Vale, sehingga MIND ID dan Vale Canada bisa melakukan kontrol bersama atas Vale,” kata Jokowi dikutip dari keterangan resmi Sekretariat Presiden. 

Baca Juga: Jokowi Bertemu Chairman ExxonMobil di San Francisco, Bahas Investasi 15 Miliar Dollar AS

Presiden Jokowi pun mengapresiasi dukungan Vale terhadap upaya hilirisasi yang lebih maju di Indonesia. Salah satunya adalah kerja sama Vale dengan Ford dan Zhejiang Huayou, untuk pembangunan smelter dan refinery bahan baterai kendaraan listrik di Blok Pomalaa, Sulawesi Tenggara.

“Indonesia juga menghargai komitmen Vale untuk bermitra dengan Indonesia dan keberpihakan Vale dalam mendorong agar Indonesia dapat ikut menikmati insentif IRA dari Amerika Serikat,” ujar Jokowi. 

Kepala Negara juga berharap agar dukungan Vale terhadap upaya transisi energi bersih di Indonesia yang menjujung aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola atau Environmental, Social, and Governance (ESG) bisa semakin kuat.

“Terima kasih atas komitmen penerapan prinsip ESG Vale termasuk melestarikan keanekaragaman hayati melalui pengembangan Taman Kehati, Sulawesi Selatan yang sudah saya resmikan akhir Maret lalu,” ucapnya. 


Baca Juga: Jokowi Sebut Pembahasan Penambahan Saham RI di Freeport dan Perpanjangan Izin Kelar Akhir November



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x