Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jokowi soal Investor Lokal IKN: Dulu Ditawarkan pada Diam, Sekarang Komplain, Kok Saya Enggak Diajak

Kompas.tv - 22 September 2023, 14:28 WIB
jokowi-soal-investor-lokal-ikn-dulu-ditawarkan-pada-diam-sekarang-komplain-kok-saya-enggak-diajak
Presiden Jokowi pada peletakan batu pertama pembangunan Hotel Nusantara di kawasan IKN, Penajam Paser Utara, Kaltim, Kamis (21/09/2023). (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sempat kesulitan mengajak para pengusaha di dalam negeri, untuk berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Dari beberapa kali acara jajak pasar, hanya sedikit yang tertarik. 

Namun sekarang, Jokowi mengatakan banyak investor lokal yang bertanya pada dirinya soal peluang investasi di IKN. Menurut Jokowi, hal itu terjadi setelah sejumlah pengusaha kakap dalam negeri menanamkan modalnya di IKN. 

"Dulu kita tawar-tawarkan, (investor) pada diam. Begitu sekarang ada yang masuk, ini konsorsium, beliau-beliau ini masuk. Pak, saya kok nggak ditawari, Pak? Saya kok nggak diajak, Pak?" kata Jokowi saat berpidato di groundbreaking Hotel Nusantara di IKN, Kamis (21/9/2023). 

Meski awalnya banyak investor asing yang tertarik dengan IKN, Jokowi menegaskan pemerintah lebih mendahulukan investasi dalam negeri. 

Baca Juga: Erick Thohir: RI Dapat Hibah Rp85,6 M dari FIFA untuk Bangun National Training Center di IKN

“Investor di dalam negeri harus didahulukan. Kalau enggak, nanti saya pasti dikomplain. Pak di dalam negeri ini yang punya duit banyak, Pak. Ngapain cari ke Singapura, ke Malaysia, ke Korea, ke Jepang, ke Uni Emirat Arab? Di sini banyak yang punya duit, Pak. Pasti ada yang berbicara seperti itu,” tutur Jokowi dikutip dari laman presidenri.go.id.  

Dengan adanya pembangunan Hotel Nusantara, Jokowi yakin akan meningkatkan minat investor lainnya untuk ikut serta membangun IKN.

“Inilah yang nanti akan membawa lokomotif pada hari ini akan membawa gerbong di belakangnya akan banyak masuk (investor) ke Nusantara, saya yakin itu,” ucapnya. 

Jokowi juga mengucapkan terimakasih kepada para pengusaha kakap yang hadir langsung dalam acara tersebut. Mulai dari Franky Widjaja dari Sinar Mas, Prajogo Pangestu dari Barito Group, Garibaldi Thohir dari Adaro, hingga Sugianto Kusuma alias Aguan dari Agung Sedayu Group. 

Baca Juga: 10 Investor Kakap Tanam Duit Rp20 T di IKN, Alfamart, Agung Sedayu hingga Sinarmas

Menurut Presiden, kehadiran para investor secara langsung di IKN dapat meningkatkan kepercayaan investor lainnya terhadap Nusantara.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x