Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Erick Thohir: RI Dapat Hibah Rp85,6 M dari FIFA untuk Bangun National Training Center di IKN

Kompas.tv - 22 September 2023, 12:00 WIB
erick-thohir-ri-dapat-hibah-rp85-6-m-dari-fifa-untuk-bangun-national-training-center-di-ikn
Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir dalam acara Groundbreaking National Training Center di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, Jumat (22/9/2023). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

PENAJAM PASER, KOMPAS.TV - Pemerintah mulai membangun National Training Center di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan, dana pembangunan Training Center sebagian berasal dari hibah Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), sebesar Rp85,6 miliar. 

"FIFA pada fase 1 membantu pendanaan Rp85,6 miliar. Ini pertama kali FIFA memberikan hibah sebesar ini ke sebuah negara," kata Erick saat menghadiri Groundbreaking National Training Center IKN, Jumat (22/9/2023). 

Selain dari FIFA, dana pembangunan juga berasal dari APBN sebesar Rp90 miliar. Erick menjelaskan, Nasional Training Center IKN dibangun di atas lahan seluas 34,5 hektare, yang juga merupakan hibah dari Otorita IKN. Pembangunannya akan dibagi menjadi dua fase.

Untuk fase pertama, akan dibangun dua fasilitas lapangan berikut sarana penginapan bagi para atlet serta pelatih lengkap dengan ruang ganti dan fasilitas penunjang lainnya.

Baca Juga: Momen Jokowi Ditemani Sri Mulyani Hingga Pak Bas Berkemah dan Sarapan di IKN

Sedangkan untuk fase kedua, akan dibangun delapan lapangan terdiri atas lima lapangan besar, satu lapangan futsal, satu lapangan latihan tertutup, dan juga lapangan bits football berikut fasilitas pendukung lain seperti kolam renang, sports sains, dan lainnya.

Erick mengucapkan terimakasih kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang membantu menyiapkan lahan dan infrastruktur. Serta Menkeu Sri Mulyani yang juga ikut hadir, karena sudah menyiapkan dana APBN. 

"Dan tentu ini hasil kerja sama dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di mana fasilitas dari infrastruktur pendukung dan land clearing dilakukan oleh Pak Basuki (Menteri PUPR Basuki Hadimuljono)," ujar Erick dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden. 

Erick berharap kehadiran fasilitas olahraga di IKN dapat memenuhi cita-cita masyarakat pencinta sepak bola Indonesia, di mana pemerintah menorehkan sejarah dalam pembangunan Nasional Training Center sepak bola terpadu.

Baca Juga: Jokowi Pasang Modul Pertama Garuda, Ikon Bangunan Kantor Presiden di IKN




Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x