Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Duh, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Segera Beroperasi, tapi Akses ke Stasiun Baru Dibangun

Kompas.tv - 2 Agustus 2023, 13:30 WIB
duh-kereta-cepat-jakarta-bandung-segera-beroperasi-tapi-akses-ke-stasiun-baru-dibangun
Foto arsip Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Wakil BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengungkap, jika akses jalan dari dan menuju stasiun kereta cepat itu belum selesai dibangun, meski rangkaian kereta sudah diuji coba dan ditargetkan beroperasi pada Agustus-September 2023 ini. (Sumber: PT KCIC)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan jika akses jalan dari dan menuju stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) belum selesai dibangun, meski rangkaian kereta sudah diuji coba dan ditargetkan beroperasi pada Agustus-September 2023 ini. 

"Dengan PMO (project management office) yang demikian kompleks, ini missed satu hal, November tahun lalu saya baru sadar, kita lupa mikirin akses stasiun. Ini saya sebel juga waktu kemarin sama anak-anak KAI, jadi akses stasiunnya itu belum dipikirin, tidak ada akses jalan ke tol sama jalan besar," tutur pria yang akrab disapa Tiko itu dalam acara "InJourney Talks", Selasa (1/8/2023). 

Misalnya di Stasiun Karawang dan Padalarang, yang saat ini akses jalannya sedang dibangun. Pembangunan itu baru berlangsung saat KCJB sudah akan beroperasi dan diperkirakan selesai akhir 2023. 

Baca Juga: Dicoret dari PSN di Era Jokowi, Kereta Cepat Jakarta-Surabaya akan Lanjut di Pemerintahan Berikutnya

"Ini makanya Karawang sama Padalarang baru akhir tahun, karena di Karawang itu kalau kita buka stasiunnya di depannya, tidak ada jalan," ujar Tiko. 

Sebelumnya diberitakan Kompas.tv, Jokowi dikabarkan akan meresmikan KCJB pada 18 Agustus 2023 bersamaan dengan LRT Jabodebek. Tapi kata Tiko, Presiden Jokowi akan menjajal kereta cepat pada 1 September 2023. Lalu diresmikannya baru tanggal 6 September 2023, bersama dengan Perdana Menteri China Xi Jin Ping. 


Sehingga, meski sudah diresmikan, akses jalan ke stasiun kereta cepat masih ada yang belum selesai. Tiko bahkan menyebut hal itu sebagai kebodohan.

"Ini stupid juga, kok bisa kelewatan. Stasiun jadi, kereta ada, tapi belum dibikin jalan di depannya. Itu bisa kelewatan juga. Saya bilang ini gimana perencananya, masa jalan enggak ada, baru sekarang mau dibangun," ucap Tiko. 

Baca Juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Jalani Uji Coba Sarana dan Prasarana demi Dapat Izin Operasi

Dalam kasus ini, akses jalan menuju stasiun menjadi titik buta atau blind spot dalam proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Menurutnya, hal itu sebenarnya sering terjadi saat menggarap proyek besar. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x