Kompas TV olahraga sepak bola

Shin Tae-yong Belum Punya Pengalaman Kalah Lawan Uzbekistan

Kompas.tv - 29 April 2024, 10:00 WIB
shin-tae-yong-belum-punya-pengalaman-kalah-lawan-uzbekistan
Shin Tae-yong yakin permainan Timnas Indonesia bakal semakin bagus dengan seiring berjalannya waktu. (Sumber: PSSI)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

DOHA, KOMPAS.TV - Menjelang laga semifinal Piala Asia U23 2024 kontra Uzbekistan, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menegaskan keyakinannya untuk membawa Garuda Muda tampil di panggung Olimpiade Paris 2024.

Meski pernah menelan kepahitan ketika ditumbangkan Uzbekistan di Piala Asia U20 tahun lalu, Shin optimistis dapat membalas dengan hasil lebih baik kali ini.

Shin mengakui sempat kecewa karena timnya tersingkir di fase grup Piala Asia U-20 2023 setelah bermain imbang 0-0 dengan Uzbekistan yang kala itu menjadi tuan rumah.

Baca Juga: Shin Tae-yong Percaya Diri Antar Timnas U-23 Indonesia ke Olimpiade Paris 2024: Ini Saatnya

Namun, Uzbekistan yang lolos justru mampu melaju hingga menjuarai turnamen tersebut untuk pertama kalinya.

"Secara pribadi sebagai pelatih, saya tidak punya pengalaman kalah dari Uzbekistan meski Uzbek sangat bagus dengan anggota yang baik pula. Saya memiliki kenangan baik dan perasaan yang baik pula," ungkap Shin mengingat laga kontra Uzbekistan setahun lalu dalam konferensi pers, Jumat (28/4/2024).

Pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan sudah meninggalkan memori buruk tersebut.

Shin kini berkomitmen untuk mempersiapkan kekuatan terbaik skuadnya demi meraih hasil maksimal pada pertemuan kembali dengan Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024 malam ini.

"Maka kami memerlukan perasaan yang bagus dan keberuntungan, saya juga akan memiliki persiapan yang bagus,” ujar Shin.

Baca Juga: Mari Ramaikan, Kemenpora Gelar Nobar Timnas U-23 Vs Uzbekistan U-23 Malam Nanti

Menghadapi Uzbekistan yang dinilai memiliki transisi permainan cepat baik menyerang maupun bertahan, Shin mengaku sudah mempelajari secara seksama penampilan tim Asia Tengah tersebut. Terutama setelah menyaksikan langsung kemenangan 2-0 Uzbekistan atas Arab Saudi di perempat final.

"Saya menyadari mengapa mereka bisa mencetak 12 gol dan tidak kemasukan gol sama sekali. Itu adalah hal krusial. Alasan utama adalah transisi mereka sangat cepat, dari menyerang ke bertahan dan dari bertahan ke menyerang. Mungkin itu faktor yang membuat Uzbekistan menjadi salah satu tim terkuat di kompetisi ini," papar mantan pelatih Timnas Korea Selatan.

Baca Juga: Legenda Everton Tim Cahill Ikut Beri Selamat Timnas Indonesia U23 ke Semifinal Piala Asia U23 2024

Kemenangan atas Uzbekistan akan membuka peluang Indonesia untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024, baik melalui finis tiga besar Piala Asia U-23 maupun playoff antarkonfederasi melawan Guinea pada awal Mei mendatang.

Mengingat Timnas terakhir tampil di Olimpiade Melbourne 1956 atau 68 tahun lalu, Shin bertekad untuk mengakhiri penantian panjang tersebut.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x