Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Pengusaha Senang Pandemi jadi Endemi, Bos MNC Hary Tanoesoedibjo: Bisa Tingkatkan Produktivitas

Kompas.tv - 22 Juni 2023, 09:55 WIB
pengusaha-senang-pandemi-jadi-endemi-bos-mnc-hary-tanoesoedibjo-bisa-tingkatkan-produktivitas
Keputusan pemerintah mencabut status pandemi Covid-19 dan menjadi endemi disambut baik oleh kalangan pengusaha. Bos MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) menilai menyebut pencabutan status pandemi adalah momentum untuk meningkatkan produktivitas nasional. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Keputusan pemerintah mencabut status pandemi Covid-19 dan menjadi endemi disambut baik oleh kalangan pengusaha. Bos MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) menilai menyebut pencabutan status pandemi adalah momentum untuk meningkatkan produktivitas nasional.

"Saya harapkan produktivitas nasional meningkat dengan diubahnya (pandemi) menjadi endemi," kata Hary Tanoe di Kantor DPP Perindo, Jakarta Pusat, Rabu (21/6/2023). 

Ia menilai, keberhasilan Indonesia lepas dari pandemi Covid-19 tidak lepas dari kerja keras Presiden Jokowi dan pencapaian tersebut adalah hal yang patut disyukuri oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Kita bersyukur bahwa kita mampu mengatasi masalah pandemi, Indonesia yang terbaik, itu juga merupakan kerja keras dari Pak Jokowi," ujarnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan, aktivitas masyarakat bisa kembali normal setelah dicabutnya status pandemi. 

Baca Juga: Ini Penjelasan Menko PMK soal Perawatan Pasien Covid-19 di Masa Endemi Bayar

"Aktivitas kehidupan yang telah kembali normal diharapkan dapat mendorong pemulihan perekonomian secara lebih cepat lagi," kata Alphonzus lewat keterangan tertulisnya, Kamis (22/6).

Meski ia senang masyarakat akan semakin meramaikan pusat perbelanjaan saat ini, ia juga meminta pemerintah agar tetap melanjutkan program pemulihan ekonomi yang dilakukan saat pandemi. Pasalnya, belum semua pelaku usaha pulih dari dampak pandemi. 

"Pemerintah diharapkan untuk tetap memberikan perhatian atas berbagai program pemulihan perekonomian sampai dengan beberapa waktu kedepan," ucapnya. 


Sedangkan Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pembangunan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang mengatakan, kini pengusaha bisa bergerak lebih leluasa karena kebijakan pembatasan selama pandemi sudah tak ada lagi. 

"Artinya kita sudah masuk ke kehidupan yang normal sesungguhnya, tidak ada lagi pembatasan, PPKM, dan lain-lain, yang selama ini hambat ruang gerak dunia usaha. Pengumuman resmi ini jadi angin segar dan kegembiraan bagi dunia usaha, diharapkan produktivitas dunia usaha meningkat," tuturnya. 

Baca Juga: Status Pandemi Berubah Endemi, Aplikasi Satu Sehat Berfungsi Jadi Citizen Health Apps

Tidak hanya berdampak pada sektor riil, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja menambahkan, pencabutan status pandemi juga akan berdampak positif pada pasar keuangan dan pasar saham.



Sumber : Antara, Kompas TV, Kontan


BERITA LAINNYA



Close Ads x