Kompas TV nasional humaniora

Status Pandemi Berubah Endemi, Aplikasi Satu Sehat Berfungsi Jadi Citizen Health Apps

Kompas.tv - 21 Juni 2023, 21:30 WIB
status-pandemi-berubah-endemi-aplikasi-satu-sehat-berfungsi-jadi-citizen-health-apps
Aplikasi Satu Sehat - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bakal memperluas manfaat aplikasi Satu Sehat menjadi Citizen Health Application atau aplikasi kesehatan bagi masyarakat. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah Indonesia keluar dari pandemi Covid-19 dan memasuki endemi, aplikasi Satu Sehat bakal difungsikan sebagai Citizen Health Apps.

Seperti yang diketahui, aplikasi Satu Sehat yang dulu bernama PeduliLindungi, dirilis saat pandemi Covid-19 untuk mengakomidir kebutuhan masyarakat terhadap kebutuhan kesehatan terkait virus tersebut.

Namun sekarang, aplikasi ini bakal difungsikan sebagai citizen health apps yang berguna untuk menyimpan riwayat vaksinasi, data kesehatan pribadi jadwal imunisasi maupun resume kesehatan yakni hasil pemeriksaan lab.

"Aplikasi Satu Sehat menjadi citizen health apps. Nantinya bisa data kesehatan pribadi, jadwal imunisasi maupun pemeriksaan lab," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi dikutip dari Tribunnews, Rabu (21/6/2023).

Lebih dari itu, aplikasi Satu Sehat juga dikembangkan sebagai menjadi penyimpanan rekam medis elektronik, promosi kesehatan, profil obat, layanan dan penggunaan obat, BOR rumah sakit, sistem peringatan dini, tracing dan testing, hingga layanan telemedicine terintegrasi.

Sementara menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, pandemi Covid-19 kemarin menjadi kesempatan untuk memperbaiki sistem kesehatan di Indonesia.

Maka dari itu diharapkan, dengan sistem kesehatan yang semakin maju, para pasien yang menderita penyakit ringan atau berat akan lebih mudah untuk diberi perawatan.

"Melalui transformasi teknologi kesehatan ditargetkan untuk meningkatkan diagnosis dan terapi bagi penyakit yang signifikan di Indonesia seperti Diabetes, Tuberkulosis, Stroke, dan lainnya,'' ucap Menkes Budi beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Pemerintah Cabut Status Pandemi Covid-19, Indonesia Masuki Masa Endemi

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah resmi mencabut status pandemi Covid-19 di Indonesia.




Sumber : Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x