Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Bandara Kertajati Layani Penerbangan Air Asia Bandung-Kuala Lumpur Mulai 17 Mei 2023

Kompas.tv - 27 April 2023, 13:48 WIB
bandara-kertajati-layani-penerbangan-air-asia-bandung-kuala-lumpur-mulai-17-mei-2023
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, mulai melayani penerbangan komersial dengan rute Bandung-Kuala Lumpur, Malaysia, pada 17 Mei 2023. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, mulai melayani penerbangan komersial dengan rute Bandung-Kuala Lumpur, Malaysia, pada 17 Mei 2023. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan jadwal penerbangan Air Asia Bandung-Kuala Lumpur sebanyak dua kali dalam seminggu.

"Siap-siap terbang lagi dari Kertajati mulai 17 Mei, Air Asia akan membuka penerbangan dari Kertajati menuju Malaysia. Tiket sudah tersedia di penjualan resmi Air Asia. Mari terbang lagi dari Kertajati, bandara kebanggaan Jawa Barat," kata Ridwan, Rabu (26/4/2023), seperti dikutip dari Antara.

VP Corporate Secretary & General Administration PT BIJB Dian Nurrahma menjelaskan, Air Asia akan terbang setiap Rabu dan Minggu, pukul 10.50 WIB dan akan tiba di Kuala Lumpur pukul 14.05 waktu setempat.

Baca Juga: Taipan Sukanto Tanoto Beli Mal Tanglin di Singapura Senilai Rp9,5 T

Kemudian untuk penerbangan dari Kuala Lumpur, pukul 09.05 waktu setempat dan tiba di Kertajati pukul 10.20 WIB. 

Menurutnya, sudah ada beberapa maskapai lainnya yang berminat untuk segera membuka penerbangan dari Kertajati. Terlebih setelah uji coba Jalan Tol Cisumdawu pada masa mudik Lebaran berjalan mulus.

"Nanti jika sudah operasi normal, perjalanan dari Bandung via Cisumdawu hanya sekitar satu jam sampai Bandara Kertajati, lancar dan tidak terkendala kemacetan berarti," ujar Dian. 

Selain itu, penerbangan umrah juga akan semakin marak di BIJB. Pada 15 April lalu, Lion Air sudah terbang memberangkatkan jemaah umrah.

Baca Juga: Luhut Minta Semua Pihak Waspada Dampak El Nino: Kekeringan, Produksi Pangan Turun, Hingga Inflasi

Kemudian pada 9 Mei nanti, Garuda Indonesia akan kembali membawa terbang jemaah umrah dari BIJB.

"Jika Tol Cisumdawu beroperasi normal, nantinya seluruh penerbangan akan melalui Kertajati, di mana saat ini prioritasnya untuk pesawat bermesin jet," ucapnya. 

Ia mengungkapkan, saat ini sejumlah moda transportasi sudah siap mengantar jemput penumpang dari Bandung ke BIJB dan sebaliknya.

Baik melintasi Tol Cipali atau Cisumdawu seperti bus Damri, Budiman, Blue Bird hingga kendaraan travel Sobat Trans, Arnes, dan Bhinneka.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x