Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Indonesia Raih Investasi Mitsubishi Rp11,2 Triliun dan Komitmen 3 Pabrik Sepatu Asics Jepang

Kompas.tv - 10 Maret 2021, 20:56 WIB
indonesia-raih-investasi-mitsubishi-rp11-2-triliun-dan-komitmen-3-pabrik-sepatu-asics-jepang
Pemerintah Indonesia mendapatkan komitmen dari pelaku industri otomotif di Jepang. Dua di antaranya dari Mitsubishi dan Asics. (Sumber: KBRI Tokyo)

TOKYO, KOMPAS.TV - Pemerintah Indonesia mendapatkan komitmen dari pelaku industri otomotif di Jepang. Dua di antaranya dari Mitsubishi dan Asics.
 
Hal itu diungkapkan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita usai menghadiri 5 agenda pertemuan dengan pelaku industri di Tokyo, Jepang, Rabu (10/3/2021).

Kepada wartawan dalam konferensi pers secara virtual, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita dengan didampingi Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) Heri Akhmadi memastikan, satu di antara komitmen itu didapat dari pabrikan otomotif raksasa Mitsubishi Motors Corporation akan melakukan perluasan kapasitas produksi mobil di Indonesia, sekaligus perluasan ekspor.

"Mereka memberikan komitmen kepada kita,  bahwa pada akhir 2025 akan ada penambahan investasi sebesar Rp11,2 triliun sehingga terjadi peningkatan kapasitas dari 220.000 menjadi 250.000 unit kendaraan," ujar Agus Gumiwang Kartasasmita.

Agus mengemukakan Mitsubishi akan mengembangkan 2 model kendaraan, yaitu Sport Utility Vehicle (SUV) Xpander jenis Hybrid, dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), yaitu kendaraan listrik yang menggunakan kombinasi mesin bensin dan dinamo listrik, serta baterainya bisa diisi ulang dengan listrik yang berasal dari sumber eksternal.

Kedua model tersebut akan diarahkan pengembangannya menjadi produk ekspor Indonesia. Mitsubishi juga memberikan izin kepada Agen Pemegang Merek (APM)-nya di Indonesia. Termasuk dengan menambah 9 negara ekspor dari yang saat ini sebanyak 30 negara menjadi 39 negara tujuan ekspor.

"Mereka akan mengembangkan hybrid, memang itu pilihan bisnis mereka, tentunya kami kawal. Selain hybrid mereka juga akan melakukan investasi plug in hybrid. Khusus untuk jenis electric vehicle [EV] mereka masih melakukan studi terhadap model yang akan dikembangkan tetapi komitmen sudah ada," ujar Agus.

Termasuk terkait rencana baru pabrikan untuk ikut dalam program percepatan kendaraan bermotor listrik di dalam negeri.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan, pada Kamis (11/3/2021) besok, akan bertemu dengan beberapa industri otomotif asal Jepang lain seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Mazda, dan Nissan.

Tujuan utamanya, untuk mendorong industri terkait agar melakukan pengembangan kendaraan listrik dan memperluas pasar ekspornya dari Indonesia, termasuk ke Australia.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Kritik Pemerintah Izinkan Harta Karun Bawah Laut Terbuka untuk Investasi Asing

Produsen Sepatu Jepang Asics Tambah 3 Pabrik Baru di Indonesia



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x