Kompas TV kuliner cerita rasa

Cicipin Ini Yuk! Asem-Asem Khas Nganjuk

Selasa, 7 Juli 2020 | 13:01 WIB

NGANJUK, KOMPASTV - Dari Kabupaten Madiun kita beranjak ke wilayah Kabupaten Nganjuk foodlover pasti akan melewati kawasan ini dalam perjalanan dari Madiun menuju Surabaya. Di Nganjuk ini saya sengaja blusukan ke desa Ngluyu daerah ini terkenal dengan asem-asem kambing yang menggunakan santan dalam racikannya. 

Baca Juga: Lezatnya Soto Kambing Pak Tosim, Pertahankan Resep Turun Temurun

Ciri khas ini berbeda dengan cikal asem-asem daging atau Demak yang tanpa santan, patut dicoba. Pertama asem-asem kambing yang hanya menggunakan tulang dan kaki kambing, untuk kado bercitarasa kuah. 

Kedua krengsengan yang memanfaatkan daging dan kepala kambing sajian kedua ini sungguh mengkilap dengan balutan kecap. 

Di warung cikal bakal masakan Asem-asem Kambing di Kabupaten Nganjuk yang berdiri sejak lama ini, anda bisa menikmati menu asem-asem kambing, yang rasa asamnya, hasil paduan daun kedondong dan bumbu lainnya, bikin lidah bergoyang.

Cara memasak secara tradisional ternyata menjadi salah satu resep manjur asem-asem kambing ini, lezat dan nikmat. Pemilik warung sengaja memasak memakai tungku api berbahan bakar kayu.

Dengan tungku api, maka nyala api bisa terjaga. Dengan nyala api yang terjaga dapat menghasilkan masakan yang lebih nikmat, karena bumbunya dapat merasuk ke daging.

Baca Juga: Gulenya Enak Banget, Apalagi Sumsum Kambingnya!

Alamat:

Jl. Gondang-Ngluyu, RT.04/RW.02, Putuk Wetan, Gampeng, Ngluyu, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur 64452

Penulis : Krisna Aditomo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:41
PEMPROV DAN DPRD JABAR MENYETUJUI 3 CALON DAERAH PERSIAPAN OTONOM BARU UNTUK DIAJUKAN KE PEMERINTAH PUSAT   BAWASLU AKAN AWASI PROSES PEMILIHAN PILKADA 2020 UNTUK PASIEN KORONA   BAWASLU: ADA 2.126 PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN DALAM 2 BULAN TERAKHIR MASA KAMPANYE PILKADA 2020   BAWASLU: DALAM 60 HARI, ADA 91.640 KEGIATAN KAMPANYE TATAP MUKA   POLRI KIRIM 3.100 PERSONEL BRIMOB NUSANTARA KE 8 WILAYAH UNTUK AMANKAN PILKADA 2020   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA TNI DAN POLRI KERJA SAMA DALAM PENGAMANAN PILKADA 2020   KEMENTERIAN ESDM MENYATAKAN TARIF LISTRIK UNTUK JANUARI-MARET 2021 TIDAK NAIK   KEMENAG: TAMBAHAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH RP 889 M UNTUK MADRASAH CAIR SEBELUM 20 DESEMBER 2020   PENGAMBILAN RAPOR MURID MAN 22 PALMERAH, JAKARTA, TERTUNDA LANTARAN 30 KARYAWAN DAN GURU POSITIF KORONA   PRESIDEN JOKOWI: INDONESIA MERUPAKAN PRODUSEN KOPI TERBESAR KEEMPAT DI DUNIA SETELAH BRASIL, VIETNAM, DAN KOLOMBIA   PRESIDEN JOKOWI MELEPAS EKSPOR PRODUK RI KE PASAR GLOBAL SENILAI RP 23,7 TRILIUN   PRESIDEN JOKOWI: MASIH BANYAK POTENSI PASAR EKSPOR YANG BELUM TERGARAP   PRESIDEN JOKOWI AKUI EKSPOR INDONESIA MASIH TERTINGGAL DARI VIETNAM   PRESIDEN JOKOWI: INDONESIA TERTINGGAL DARI NEGARA LAIN DALAM MENANGKAP PELUANG EKSPOR BAHAN & PRODUKSI DALAM NEGERI