Kompas TV kuliner cerita rasa

Cicipin Ini Yuk! Asem-Asem Khas Nganjuk

Kompas.tv - 7 Juli 2020, 13:01 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

NGANJUK, KOMPASTV - Dari Kabupaten Madiun kita beranjak ke wilayah Kabupaten Nganjuk foodlover pasti akan melewati kawasan ini dalam perjalanan dari Madiun menuju Surabaya. Di Nganjuk ini saya sengaja blusukan ke desa Ngluyu daerah ini terkenal dengan asem-asem kambing yang menggunakan santan dalam racikannya. 

Baca Juga: Lezatnya Soto Kambing Pak Tosim, Pertahankan Resep Turun Temurun

Ciri khas ini berbeda dengan cikal asem-asem daging atau Demak yang tanpa santan, patut dicoba. Pertama asem-asem kambing yang hanya menggunakan tulang dan kaki kambing, untuk kado bercitarasa kuah. 

Kedua krengsengan yang memanfaatkan daging dan kepala kambing sajian kedua ini sungguh mengkilap dengan balutan kecap. 

Di warung cikal bakal masakan Asem-asem Kambing di Kabupaten Nganjuk yang berdiri sejak lama ini, anda bisa menikmati menu asem-asem kambing, yang rasa asamnya, hasil paduan daun kedondong dan bumbu lainnya, bikin lidah bergoyang.

Cara memasak secara tradisional ternyata menjadi salah satu resep manjur asem-asem kambing ini, lezat dan nikmat. Pemilik warung sengaja memasak memakai tungku api berbahan bakar kayu.

Dengan tungku api, maka nyala api bisa terjaga. Dengan nyala api yang terjaga dapat menghasilkan masakan yang lebih nikmat, karena bumbunya dapat merasuk ke daging.

Baca Juga: Gulenya Enak Banget, Apalagi Sumsum Kambingnya!

Alamat:

Jl. Gondang-Ngluyu, RT.04/RW.02, Putuk Wetan, Gampeng, Ngluyu, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur 64452



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x