Kompas TV kuliner cerita rasa

Cicipin Ini Yuk! Asem-Asem Khas Nganjuk

Selasa, 7 Juli 2020 | 13:01 WIB

NGANJUK, KOMPASTV - Dari Kabupaten Madiun kita beranjak ke wilayah Kabupaten Nganjuk foodlover pasti akan melewati kawasan ini dalam perjalanan dari Madiun menuju Surabaya. Di Nganjuk ini saya sengaja blusukan ke desa Ngluyu daerah ini terkenal dengan asem-asem kambing yang menggunakan santan dalam racikannya. 

Baca Juga: Lezatnya Soto Kambing Pak Tosim, Pertahankan Resep Turun Temurun

Ciri khas ini berbeda dengan cikal asem-asem daging atau Demak yang tanpa santan, patut dicoba. Pertama asem-asem kambing yang hanya menggunakan tulang dan kaki kambing, untuk kado bercitarasa kuah. 

Kedua krengsengan yang memanfaatkan daging dan kepala kambing sajian kedua ini sungguh mengkilap dengan balutan kecap. 

Di warung cikal bakal masakan Asem-asem Kambing di Kabupaten Nganjuk yang berdiri sejak lama ini, anda bisa menikmati menu asem-asem kambing, yang rasa asamnya, hasil paduan daun kedondong dan bumbu lainnya, bikin lidah bergoyang.

Cara memasak secara tradisional ternyata menjadi salah satu resep manjur asem-asem kambing ini, lezat dan nikmat. Pemilik warung sengaja memasak memakai tungku api berbahan bakar kayu.

Dengan tungku api, maka nyala api bisa terjaga. Dengan nyala api yang terjaga dapat menghasilkan masakan yang lebih nikmat, karena bumbunya dapat merasuk ke daging.

Baca Juga: Gulenya Enak Banget, Apalagi Sumsum Kambingnya!

Alamat:

Jl. Gondang-Ngluyu, RT.04/RW.02, Putuk Wetan, Gampeng, Ngluyu, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur 64452

Penulis : Krisna Aditomo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:51
ASOSIASI JALAN TOL INDONESIA (ATI) DESAK PEMERINTAH LUNASI DANA TALANGAN LAHAN TOL   TNI DAN POLISI BAKAL AWASI PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN COVID-19 GUNA ANTISIPASI ADANYA PUNGLI   SEKDA DIY KADARMANTA BASKARA AJI: PASIEN COVID-19 YANG JALANI ISOMAN DI DIY BAKAL DAPAT PASOKAN OBAT GRATIS   SEBANYAK 31 SIMPATISAN RIZIEQ SHIHAB DITANGKAP POLISI ATAS PERUSAKAN DI DEPAN KEJARI SINGAPARNA, TASIKMALAYA   DEMO BELA RIZIEQ SHIHAB DI TASIKMALAYA RUSUH, 3 MOBIL POLISI DIRUSAK, 1 POLISI TERLUKA, KANTOR KEJARI DILEMPARI BATU   TUNTUT BEBASKAN RIZIEQ SHIHAB, SIMPATISAN MENGAMUK DAN MERUSAK 3 MOBIL DINAS POLRES TASIKMALAYA   PEMERINTAH AKAN IMPOR 40.000 TON OKSIGEN LIKUID DAN 50.000 OKSIGEN KONSENTRATOR DALAM WAKTU DEKAT   PEMKOT BEKASI MENCATAT 5.232 KASUS POSITIF COVID-19 DALAM SEPEKAN   RS ASRAMA HAJI PONDOK GEDE DI JAKTIM HANYA TERIMA PASIEN COVID-19 DENGAN GEJALA RINGAN HINGGA SEDANG   PEMKOT TANGERANG AGENDAKAN VAKSINASI COVID-19 BAGI ANAK USIA 12-17 TAHUN DIGELAR JELANG HARI ANAK NASIONAL   EPIDEMIOLOG DICKY BUDIMAN MENILAI VAKSIN COVID-19 BERBAYAR BERTENTANGAN DENGAN AMANAT UU   EPIDEMIOLOG DICKY BUDIMAN MINTA PEMERINTAH TERBUKA JIKA TAK MAMPU SEDIAKAN VAKSIN COVID-19 GRATIS   MENKEU SRI MULYANI SEBUT PEMERINTAH SUDAH BAYAR TAGIHAN PASIEN COVID-19 SEBESAR RP 11,1 TRILIUN   DUKUNG KOMPLEKS PARLEMEN JADI RS DARURAT COVID-19, WAKIL KETUA DPD SULTAN NAJAMUDIN SEBUT GEDUNG MILIK RAKYAT