Kompas TV olahraga sepak bola

Semifinal Piala AFF 2022, Pelatih VIetnam: Saya Tidak Pernah Kalah dari Indonesia

Kompas.tv - 5 Januari 2023, 15:18 WIB
semifinal-piala-aff-2022-pelatih-vietnam-saya-tidak-pernah-kalah-dari-indonesia
Park Hang-seo tidak senang Vietnam gagal bobol gawang Filipina di pertandingan cabang olahraga sepak bola SEA Games 2021, Minggu (8/5/2022) (Sumber: VN Express)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Purwanto

KOMPAS.TV - Jelang duel kedua lawan Indonesia di Piala AFF 2022, Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, membanggakan rekornya yang tak pernah kalah dari Indonesia.

"Sejak saya direkrut (sebagai pelatih Timnas), saya tidak pernah kalah dari Indonesia," kata Park Hang-seo dikutip dari Soha.vn via Kompas.com, Kamis (5/1/2023). "Indonesia adalah tim yang sulit dikalahkan, tetapi Vietnam bisa menang." 

Park Hang-seo yang menukangi Vietnam sejak 2017 lalu, memang punya catatan apik ketika bersua Timnas Indonesia di semua level, baik skuad Garuda yang dilatih oleh Indra Sjafri, Simon McMenemy maupun Shin Tae-yong.

Dilansir dari Transfermarkt, Park Hang-seo pernah tiga kali mengalahkan timnas U23 Indonesia besutan Indra Sjafri.

Ia juga pernah membawa Timnas Vietnam senior melibas Indonesia 3-1 asuhan Simon McMenemy pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Baca Juga: Lawan Vietnam di Semifinal Piala AFF 2022, Jordi Amat: Saya Tidak Takut

Kemudian di masa kepelatiahn Shin Tae-yong baik skuad senior maupun U23, Park Hang-seo mengantongi rekor dua kali menang dan sekali imbang.

Deretan rekor bagus tersebut membuat Park Hang-seo menatap laga kontra Indonesia di leg pertama semifinal Piala AFF 2022 dengan penuh keyakinan.

"Statistik, tradisi atau sejarah dan rekor memang bagus, tetapi elemen ini selalu bisa dipatahkan."

"Vietnam berkali-kali bertemu Indonesia sebelum dan sesudah Shin Tae-yong yang memimpin tim mereka dan bisa menang dalam situasi apa pun," ujar Park Hang-seo.

Sebagai informasi, Vietnam bakal menjalani partai tandang kontra Indonesia pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022.

Leg pertama semifinal Piala AFF 2022 yang menyajikan duel Indonesia vs Vietnam bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Jumat (6/1/2023).

Vietnam melaju ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai juara Grup B, ditemani Malaysia yang menjadi runner-up.

Sementara itu, Indonesia merupakan runner-up Grup A di bawah Thailand. Sang juara bertahan Thailand akan menghadapi Malaysia. Leg pertama laga Malaysia vs Thailand bakal digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pada Sabtu (7/1/2023).

Baca Juga: Mantan Pemain Timnas Sebut Laga Semifinal Piala AFF 2022 Sebagai Pembuktian Indonesia



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x